Skip to content

Fenomena Kepuasan Instant

December 25, 2012

Jokowi baru memerintah Jakarta selama dua bulan. Tapi banyak warga Jakarta yang sudah gembar gembor mengeluh. Menurut mereka, Jokowi sama saja dengan pemimpin Jakarta sebelumnya. Apa benar?

Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Apalagi memimpin daerah heterogen dan kompleks seperti Jakarta. Ditambah keruwetan sistem yang ada di bawahnya. Dinas-dinas Jakarta ternyata tidak memiliki program yang saling terkait. Individualism on governance.

Dua bulan bukan waktu yang lama untuk satu pemerintahan. Butuh waktu minimal satu tahun agar bisa dilihat perubahan apa yang sudah dicapai. Sayangnya tak banyak warga Jakarta yang sadar akan hal ini. Mereka ingin perubahan instant. Seketika. Secepatnya.

Bisa dimengerti mengapa mereka bersikap demikian. Apabila Anda ke Jakarta, pasti hal yang dilakukan pertama kali adalah mengeluh. Kemacetan, polusi, dan tata kota yang semrawut membuat kota ini tak begitu indah. Hanya karena Jakarta adalah ibu kota dengan fasilitas dan ketersediaan sarana lengkaplah yang membuat kota ini terlihat ‘seksi’. Selain itu? Bobrok dan kumuh.

Kehadiran internet dengan segala kemudahannya juga mempengaruhi psikologis masyarakat penggunanya. Internet menyediakan akses dan kemudahan tanpa batas. Pada acara media yang saya hadiri di Hotel Pullman Jakarta, Dahlan Iskan menyampaikan bahwa menurut survey dari pemerintah, internet memberikan efek ingin-dilayani-instant.

Fast respond. Fast satisfaction.

Apakah benar begitu? Saya sendiri belum menemukan studi lain. Kalaupun ada, nanti saya tambahkan sebagai penguat sumbernya🙂

We only live once. So, make it meaningful by helping the others.

From → Human Interest

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: