Skip to content

Ulama Wafat, Dunia Belum Kiamat

April 26, 2013

Mungkin terdengar sarkastik. Tapi aku hanya ingin menanggapi beberapa orang yang lebay dalam berstatemen. Kemarin, salah satu ustad kenamaan meninggal. Banyak orang berspekulasi “Inilah tanda-tanda kiamat. Banyak ulama meninggal, dan dia (ustad) meninggal hari ini”. What?

Oke, memang salah satu tanda-tanda kiamat dalam Alquran adalah banyaknya ulama yang meninggal. Lalu kenapa dengan meninggalnya salah satu ustad kenamaan itu orang jadi latah? Berapa banyak kiai, ulama, atau ustad-bukan-artis yang meninggal hingga saat ini?

Sebetulnya bisa dimengerti ketika orang ikutan latah menyangkut-pautkan kematian ustad kondang tersebut dengan salah satu tanda kiamat. Jelas, karena dia public figure. Yang jadi permasalahan, ketika orang-orang membicarakan beliau, bukannya itu membuat ruh nya tidak tenang?

Kenapa tidak cukup mendoakan dan tak usah terlalu banyak ‘menggosip’ sampai lebay? Itu kematian loh. Musibah bagi sebagian orang yang merasa kehilangan almarhum.

Maaf kalau judulnya kurang berkenan. Semoga kita termasuk orang yang ingat mati, karena orang cerdas adalah orang yang ingat akan kematian, seperti dalam riwayat berikut :

Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma berkata, “Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian ia mengucapkan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam & bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling utama?’

Rasulullah menjawab, ‘Yang paling baik akhlaqnya’. Kemudian ia bertanya lagi, ‘Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?’. Beliau menjawab, ‘Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dlm mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.’ (HR. Ibnu Majah, Thabrani, & Al Haitsamiy. Syaikh Al Albaniy dlm Shahih Ibnu Majah 2/419 berkata : hadits hasan)[2]

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: