Skip to content

Sebelum Bercinta, Coba Baca Ini Dulu : Jenis dan Gaya Cinta

May 3, 2013

poster-good-relationship1

Dalam berhubungan, kadang kita merasa bingung tentang tahapan hubungan yang sedang dijalin. Memang agak susah dirumuskan syarat-syarat agar seseorang bisa dijadikan sahabat atau teman intim dan akrab. Namun, kita bisa merasakan bahwa teman akrab atau intim adalah seseorang yang memiliki hubungan sangat dekat dengan kita. Termasuk kekasih.

Silliars dan Scott (1983) dalam Liliweri (1983: 56) mengemukakan pendapat bahwa hubungan antarpribadi yang intim disebabkan karena interaksi berulang-ulang dengan derajat kebebasan dan keterbukaan yang tinggi. Derajat keterbukaan tersebut memiliki kemampuan untuk mengubah pendapat, pikiran, perasaan, maupun emosi orang lain. Yang dapat digolongkan dalam hubungan intim antara lain hubungan orangtua dengan anak, hubungan suami-istri, dan hubungan pertunangan.

Kelley (1983) membagi beberapa tahap cinta, antara lain :

1. Cinta karena nafsu, yaitu cinta yang berlangsung di antara individu yang hubungan antarpribadi mereka tidak dikontrol. Faktor emosi menguasai akal pikiran sehat mereka sehingga perilaku yang ditampilkan dalam hubungan dilakukan dengan spontan untuk menjawab rangsangan emosi yang berlebihan.

2. Cinta Pragmatis, yaitu terjadi jika hungan antarpribadi berada di bawah kontrol bersama. Jadi, hubungan yang mengandalkan keseimbangan timbal balik. Mereka saling mengontrol emosi, kapan harus suka dan kapan harus duka.

3. Cinta Altruistik, disebut juga cinta mama. Jenis cinta ini melanda hubungan antarpribadi berlandaskan atas cinta yang tulus dan menyerahkan seluruh kepribadian. Contohnya cinta ibu kepada anaknya. Cinta ini selalu memberikan kasih sayang tak terbatas sekalipun yang dicintai tak pernah membalas (cieeeee hahahaha)😀

Lee (1973) juga menyebutkan tiga jenis cinta, yakni :

1. Cinta Romantis atau Eros

2. Cinta Asal Cinta atau Ludus

3. Cinta Persahabatan atau Storge

Perihal gaya bercinta, Lee mengungkapkan ada tiga gaya bercinta, antara lain :

1. Cinta Mania (merasa memiliki dan bergantung pada cinta)

2. Cinta Pragma (cinta dengan dasar logis)

3. Cinta Agape (cinta yang memberikan seluruh jiwa dengan segala kelebihan dan kekurangan).

Demikian jenis cinta dan gaya bercinta. Saya sendiri baru tahu setelah buka-buka lagi buku Komunikasi Antarpribadi karangan Alo Liliweri. Maksud hati mau ngerjain skripsi, eh malah nemu ‘hiburan’😀

From → Education, Review

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: