Skip to content

Pengalaman Pribadi : Satu Tahun Tuli, Sembuh Setelah Dibekam

May 26, 2013

Aku mau share pengalaman pribadi. Pasti tak ada yang pernah menyangka kalau aku mengalami ketidakmampuan pendengaran selama setahun lebih hahaha. Hal ini pun banyak yang merasa kaget ketika mendengarnya. Keluarga, teman, dan semua lingkungan terdekatku.

Sejak Oktober 2011, aku mengalami gangguan pendengaran. Aku ingat, kronologisnya waktu itu sehabis mandi telingaku terasa ada bunyi krucuk-krucuk. Aku pikir hal itu biasa terjadi kalau telingan kemasukan air. Maka semalaman, aku tidur dengan posisi miring ke kiri agar air bisa keluar.

Namun, beberapa hari kemudian kondisinya makin parah. Telingaku berdengung tanpa henti. Sakit, dan tak bisa lagi mendengar. Aku tuli sebelah.

Kondisi ini hanya ku rasakan sendiri. Aku tak berani berobat, karena pasti mahal harganya. Maka bulan berganti, tahun pun sudah memasuki awal 2013. Aku memulai pengobatan bekam, jenis pengobatan yang diajarkan dan dianjurkan oleh Rasulullah.

Aku percaya, setiap pengobatan dari Nabi pasti berkhasiat. Tak lupa aku juga berusaha meyakini dan berdoa pada Tuhan agar kemampuan pendengaranku bisa dikembalikan seperti semula. Namun aku juga pasrah. Kalaupun aku tetap diberi sakit, aku anggap itu pelebur dosa-dosaku di masa lalu. Indah kan, cara pandang hidup seperti itu? Kita tak akan pernah merasa terbebani oleh setiap ketentuan Tuhan😀

Setelah 2 bulan bekam dengan frekuensi setiap 3 minggu sekali, aku pun sekarang sembuh. Mulanya telingaku sering mengeluarkan kotoran. Lalu terasa sangat gatal dan panas. Tapi aku selalu tahan untuk tidak menggaruknya. Kemudian perlahan-lahan dengungnya mulai menghilang. Aku kembali normal dan bisa mendengar lagi😀

Dibanding pengobatan medis, aku jauh lebih suka pengobatan herbal dan alternatif. Terutama bekam. Tapi satu hal yang perlu diingat, sebaik-baik pengobatan adalah rasa pasrah dan keyakinan pada Tuhan. Sekalipun bekam adalah jenis pengobatan yang sangat baik, namun kalau si pasien sudah skeptis, kemungkinan sembuhnya juga bisa jadi kecil. Wallahu’alam. Semoga sharing ini bermanfaat😀

From → Mama Speaks, My story

17 Comments
  1. Salamah permalink

    ????????? ??????? ????? ????????????? ….???

    Sekarang ini putri saya 7 tahun sedang di terapi bekam, dan sudah mengalami kemajuan, sebelumnya pendengarannya kanan 50db dan kiri 110db, setelah terapi selama 3 bulan dan di cek kembali dengan tes audiometri pendengarannya menjadi kanan 32db dan kiri 105db, walaupun memang masih sangat parah untuk telinga kirinya, tapi sy ada harapan untuk kesembuhan telinga putri sy. Karena sebelumnya sempat dirawat 9 hari D?????? rumah sakit dan tidak ada perbaikan. Sampai saat ini putri sy masih menjalani terapi dan komunikasinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Terima kasih Ya.. Allah..

    • alhamdulillah Mbak, turut senang atas kondisi anak Mbak🙂 . memang terkadang pengobatan medis ada banyak cacatnya. untunglah kita punya warisan pengobatan ala Rasulullah🙂

      wah pasti cemas banget ya sebagai Ibu. saya yang mengalami sakitnya rasanya agak-agak hopeless. apalagi saya rasain itu sendiri, tanpa ada tempat berbagi😀

  2. ovie permalink

    aku mengalami tuli sebelah kiri semenjak kecil sudah 20 tahun aku harus menanggung dikata orang tuli,yaah mau gimana lagi itu mungkin sudah takdirku! sudah berbagai cara aku coba tapi gada hasil,sekarang cuman bisa nikmatin aja🙂 tetep bersyukur karna setidaknya aku bisa mendengar!

  3. acha permalink

    ovie…qt senasib,,

  4. Q jg blm smbh tuli telinga sblh kanan dr umr 12th-n dn skrg umrq 25th.Thank’s Before n after for all

  5. yuda permalink

    saya dari lampung,sy berniat sekali pengoatan bekam,bisa kasih tau tempat mbak mengobati telinga dmana? trimakasih

    • Kalau saya di klinik bekam di bekasi mas. Saran saya, cari klinik bekam yg kita bisa lihat tempat cuci cup dan peralatan lainnya. Biasanya sekalian jual obat herbal di tempatnya🙂

  6. rafin septian permalink

    telinga kananku masih belum bisa mendengar secara normal sudah 2 minggu belakangan ini mba,, saya terus berdoa dan memohon petunjuk kepada yg maha kuasa,,sebelum bermasalah dengan telinga ku aku terkena penyakit vertigo nah yg perlu aku pertanyakan apakah penyakit vertigo juga menyerang telinga?? telinga ku berdenguung terus mba,, tetapi terimakasih mba atas sarannya saya akan mencoba dengan pengobatan ala rasulullah😀

    • Coba bekam dulu aja mas, memang kalo telinga ini biasanya berhubungan dengan masalah di kepala atau mulut kita. Semoga segera diberi kesembuhan dan selalu sabar🙂

  7. Zary permalink

    Terapi bekam sperti apa ya ? Pengobatanya dimana ?

  8. dri permalink

    Kalo yang tuli sebelah sudah lama bisa di bekam?titik yang akan di bekam sebelah mana?

  9. dodowi permalink

    bisa minta tlong alamat to nmer tlfon yg bekam ga

  10. didi permalink

    teliga ku jug tuli mendadak di sebela
    h kiri dan tiba-tiba sakit lalu tidak bagaimana ya cara mengobatinya

  11. firman permalink

    Kok kebanyakan sblh knan ya ???
    Kbtulan saya jga sblah kanan .
    Berawal d umur 11-12 thn .
    Skrng uda 23 .

  12. Sari Indah permalink

    Mba, saya baru pulang dari rumah sakit Antonius kota pontianak kalbar. Hari ini saya mendapatkan hasil tes yang menyatakan bahwa saya tuli sebelah. Kata dokter penyakit seperti ini sudah permanen. Saya hopeless begitu mendengarnya. Dokter itu berkata bahwa saya tidak akan diterima kerja di bank dengan keadaan seperti ini. Yang saya sedihkan dia bicara didepan ibu saya yang sangat mengharapkan anaknya ini kerja di bank. Tp itu bukan kesalahannya, dia hanya tidak tau. Tp saya berpikir bahwa saya masih beruntung mendapatkan penyakit yang seperti ini, bagaimana halnya dengan sodara sodara kita yang memiliki cacat fisik, mereka saja berbahagia kenapa saya tidak.
    Mba makasih infonya tentang pengobatan bekam ala Rasulullah, jika Allah berkehendak insyaallah penyakitnya akan diangkat. Aamiin.

Leave a Reply

