Skip to content

Selalu Ada yang Lebih Menderita Dibanding Kita

July 16, 2013

Tadi pagi perasaanku tak nyaman. Aku biasanya suka berbicara pada siapapun tentang apapun ketika hal itu terjadi. Itu caraku mengatasi segala sumbatan di otak dan membuat perasaan lega. Karena sejatinya, sebanyak apapun kita menuliskannya, tak akan pernah bisa menggantikan kenikmatan ketika cerita kita ditanggapi. Atau minimal, didengar orang. Namun aku lebih suka kebalikannya. Aku justru lebih suka mendengar keluhan orang.

Aku tiba di sekolah pukul 06.30. Ku lihat sudah ada seorang rekan kerjaku duduk di sana. Aku mulai dengan kalimat pembuka “Kalau konflik rumah tangga karena kecemburuan pada keluarga pasangan itu wajar kan? Bahkan dalam menikah sekalipun?”

Dia sudah pernah menikah. Biasanya, orang akan lebih tertarik berbicara pada kita apabila kita membahas tentang dirinya. Dan benar saja, ceritanya mulai mengalir deras. Dia mulai menceritakan semua masalah rumah tangganya di waktu sebelum berpisah dengan suami. Aku diam, menyimak. Terkadang aku mengeluarkan suara terkejut pada bagian cerita yang aku anggap sangat biadab dan keterlaluan.

Luapan emosi darinya mengalir deras. Aku lupa pada masalahku. Aku anggap masalahku tak seberapa besar dibanding dirinya. Kami hanya beda usia tiga tahun. Tapi soal pengalaman hidup, dia jauh di atasku.

Ketika sudah sangat suntuk biasanya aku memang seperti itu. Terkadang aku mencari murid yang kelihatannya sedang murung. Aku ajak bicara, maka keluarlah lahar duka dari bibirnya. Cukup simpel.

Di atas langit, masih ada langit. Di balik duka kita, ada orang yang jauh lebih menderita. Jadi mengapa kita harus merasa jadi orang paling sengsara?

From → Mama Speaks, My story

Leave a Comment

Leave a Reply

