Skip to content

Mamaolen Tips : Harga Kredit Boleh Beda dengan Harga Kontan (Buat Para Seller yang Bingung Soal Ini :D)

September 23, 2013

Suatu berkah yang luar biasa bisa bergabung dengan kelas Islamic Economy. Buatku, itu aji mumpung untuk mengungkapkan segala unek-unek tentang jual beli, satu usaha yang sedang aku jalani.

Kelas tadi malam sedang membahas riba. Aku sempat bingung beberapa waktu lalu tentang mengkreditkan barang. Posisinya aku sebagai seller. Sempat sih googling, tapi rasanya kurang sreg kalo belum tanya langsung sama pakarnya😀

Jadi pertanyaanku semalam adalah “Boleh gak sih kita menetapkan harga barang kredit jauh lebih mahal dibanding barang yang dibeli cash/tunai?”.

Aku sendiri sempat takut kalo-kalo cara seperti itu termasuk riba -_____-

Maka inilah jawaban dari dosen kelasnya : “Harga kredit boleh berbeda dengan harga kontan, karena nanti yang diakadkan hanya salah satu. Yg tidak boleh adalah jika telat bayar ada denda nya”.

Yipppieeeee!! Jadi kredit itu boleh asal tak ada yang namanya ‘bayaran berbunga’. Oh Gosh! Terjawablah sudah kegelisahan selama ini.

Aku sendiri yakin, Allah memang sengaja mempertemukanku dengan orang-orang itu agar pertanyaanku bisa terjawab *tsaaah*

Dan tentunya agar aku bisa menjadi pedagang sekaligus pribadi yang lebih baik. Aamiin!😀

Leave a Comment

Leave a Reply

