Skip to content

Aku Bukan Guru yang Baik, Hanya Orang yang Ingin Berbuat Baik

September 27, 2013

Sebagai manusia, aku bukanlah sosok yang pantas menyandang gelar ‘Guru’. Guru yang dalam arti sebenernya, guru yang memang patut ditiru segala ucapan dan perilakunya. Aku masih hidup dalam jiwa muda dan bebasku. Menari-nari dengan liarnya imajinasi dan gairahku meraih tujuan.

Menjadi guru bukanlah tujuan hidupku. Bukan pula profesi yang aku idamkan.

Aku lebih suka menggali segala potensi diri melalui usaha mandiri yang ku jalankan bersama pasanganku. Bersamanya aku merasa bebas menjadi diri sendiri. Tak perlu ada aturan, tak perlu ada sikap yang harus dikekang karena takut akan teguran. Semua itu tak berlaku.

Hampir setahun aku menceburkan diri menjadi pengajar sekaligus pendidik. Awalnya enggan menekuni, namun hatiku merasa terpaut untuk terus menemani anak-anak. Aku ingin menjadi sosok yang menentramkan untuk mereka. Gaya guru-guru yang ku sukai semasa belajar telah ku adopsi dan ku praktekkan pada mereka.

Aku senang, tak ada yang takut padaku.

Sesekali mereka manja. Bahkan ada yang berani mengkritik. Bagiku tak masalah, sebab aku ingin mereka memperlakukanku dengan tulus. Bagaimanapun perlakuannya. Selama ini tak ada yang berbuat kasar. Setidaknya, mereka berani melakukan ‘negosiasi’ dengan segala konsekuensi dan kesepakatan yang aku tawarkan. Aku ingin mereka bertanggung jawab atas pilihan yang mereka buat sendiri.

Aku ingin dihormati secara sadar. Aku ingin mereka tahu, bahwa tak semua orang gila hormat.

Mereka harus sadar, bahwa akan selalu ada cahaya di tengah pekatnya gelap.

Leave a Comment

Leave a Reply

