Skip to content

Tingkatan Nada dalam Melagukan Alquran

October 8, 2013

Waktu ikut acara perpisahan siswa di Puncak, aku terkesima mendengar bacaan alquran yang dilakukan oleh istri ketua komite. Bacaannya pelan, lembut, tapi bikin merinding sekaligus adem. Bingung kan kenapa bisa ada perasaan merinding sekaligus adem?

Menurut hadis, slah satu ciri orang beriman adalah hatinya bergetar ketika dibacakan ayat suci alquran. Yah semoga merindingku ini karena tanda-tanda keimanan. Selebihnya gak tau kenapa😀

Lalu perasaan ademnya karena begitu merdu suaranya. Tajwidnya oke, nadanya juga dapet. Tsaaah macam orang yang tau musik ya hehe. Tapi serius, pembacaan ayat suci beda jauh dengan konser musik. Ada pasrah, takut, sekaligus hikmat di dalamnya.

Aku sendiri masih belajar cara qoriah yang baik. Otodidak, karena belum ketemu guru yang bisa mengajarkannya. Tapi semoga dengan otodidak pun bisa menyerap ilmunya. Aku sangat bersyukur, banyak orang yang mau share ilmunya di internet, baik di blog maupun website.

Seperti di bawah ini contohnya😀

Al-Qur’an adalah kitab suci yang menjadi petunjuk bagi semua makhluk yang ada di langit dan di bumi. Bagi seorang muslim wajib membacanya, menghapal dan mengamalkannya. Tradisi musabaqah tilawatil qur’an yang ada di Indonesia harusnya dijadikan sebagai motivasi dan penyemangat untuk mempelajari Al-Quran. Walaupun seharusnya kegiatan perlombaan membaca Al-Quran jangan dijadikan hanya sebatas tradisi. 
Tentu kita merindukan orang-orang yang bersuara bagus dalam membaca Alquran juga memiliki akhlaq yang syamiil. Sehingga dari kegiatan-kegiatan itu akan terus berkembang dengan kegiatan menghapal Al-Quran.

Dalam Melagukan bacaan Alquran ada beberapa hal yang harus perhatikan adalah:

1. Niatkan membaca hanya karena Allah bukan karena ingin mendaparkan pujian
2. Niatkan dengan kita membaca Al-Qur’an dengan suara merdu, kita berharap orang lain yang mendengarkan bisa termotivasi untuk juga membaca Al-Quran.
3. Berwudulah terlebih dahulu sebelum membaca Al-Quran jika memungkinkan, dan jika bisa menghadap kiblat.

Para Qori atau Qori’ah biasanya dalam membaca Alquran menggunakan makamat arabiyyah atau Lagu dalam bahasa Arab.

Tingkatan-tingkatan lagu dalam membaca Alquran adalah:
1. Bayati
2. Hijaz
3. Shaba
4. Rash
5. Jaharkah
6. Sikah
7. Nahawand

Lagu bayati adalah nada suara paling rendah, sedangkan nahawand suara tinggi. Beberapa orang membagi-bagi lagi makamat di atas. Sedangkan Tingkatan nada(Tinggi rendahnya suara) adalah:
1. Nada Qarar(Rendah)
2. Nada Nawa(Sedang)
3. Nada Jawab(Tinggi)
4. Nada Jawabul Jawab

Namun yang terpenting juga dalam melagukan Al-Quran adalah harus benar hukum tajwidnya agar tidak berubah maknanya atau artinya.

Adapun alasan mengapa hukum membaca Al-Qur’an dengan tajwid adalah fardu ‘ain, Imam Ibn Al-Jazari mengatakan, yang artinya: “ Membaca (Al-Qur’an) dengan tajwid hukumnya wajib, siapa yang membacanya dengan tanpa bertajwid ia berdosa, karena dengan tajwidlah Allah menurunkan Al-Qur’an, dan dengan demikian pula Al-Qur’an sampai kepada kita dari-Nya.’’ 
www.tajwid3d.co.cc

 

Yang di BOLD itu biar diperhatikan kawan-kawan semua dan diriku sendiri. Oya setelah belajar dari youtube, aku jatuh cinta dengan tingkatan Jaharkah.

***

Setahun lebih berlalu, aku sudah menemukan nada bacaku sendiri. Memang, sejak kecil aku hidup di lingkungan orang yang mampu melagukan Alquran dengan baik. Pakdhe dan sepupuku sering ngaji selepas maghrib.

Aku ingin seperti mereka, walau tak bisa qori yang penting bacaanku enak sesuai tajwid. Dan ternyata, ketika kita terbiasa baca, lama kelamaan nada itu akan kita peroleh dengan sendirinya.

Alah bisa karena biasa, tho?

Yang penting sesuai makhraj tajwid.

Semangaat!😀

From → Education

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: