Skip to content

Analogi Buruh Demo dan Istri Bawel

November 8, 2013

Pagi ini tersiar berita bahwa sebanyak 3,2 juta buruh jadi pengangguran sejak upah naik. Hemm kasian ya.

Mungkin mereka yang demo itu lupa, pengusaha tak mungkin begitu saja memenuhi tuntutan kenaikan upah. Pasti ada perhitungan kembali tentang ongkos produksi, termasuk upah.

Ketika dirasa terlalu membengkak, maka cara yang paling aman adalah melakukan pengurangan karyawan. Tak mungkin mereka mengurangi supplai bahan baku, ataupun mengurangi jumlah produksi. Sudah pasti rugi yang akan ditanggung.

Beberapa waktu lalu banyak juga kawanku yang kena phk. Mereka yang punya koneksi orang dalam, bebas dari pemecatan. Lain halnya dengan yang masuk kerja tanpa koneksi. Kini jadi pengacara lah sudah.

Sebagian dari mereka tak berpikir apa akibat dari demo yang dilakukan. Karena hanya ikut-ikutan. Embel-embel solidaritas untuk kesejahteraan mengakar kuat. Ditambah ‘kompor’ yang pandai memanaskan suasana.

Maka jadilah mereka turun ke jalan.

Lalu, sebagian dipecat. Upah naik, BBM pun ikut naik. Lama-lama pendidikan akan semakin mahal, lalu makin banyaklah pengangguran dan orang-orang bodoh karena tak mampu sekolah.

Banyak kasus perceraian dan perselingkuhan terjadi karena istri yang terlalu bawel. Bahkan bapak salah seorang temanku mengatakan bahwa dia memilih bekerja di luar negeri karena tak tahan menghadapi kebawelan istrinya. Mirip seperti hubungan buruh dan para pengusaha.

Ah itu hanya pandangan negatif.

Aku berpikir, andai mereka yang dipecat adalah orang-orang cerdas, mereka akan membangun usaha sendiri. Tak perlu membanggakan gaji sekian juta ketika menjadi buruh.

Pada masa yang akan datang, mereka akan jadi pengusaha yang ikut menggerakkan perekonomian negara ini. Lalu 30 tahun ke depan, dunia akan mengenal Indonesia sebagai the super power country. Yeah, saatnya kita menyusul cina. Kan penduduk kita juga banyak.

Itu baru sebatas khayalanku. Tapi semoga saja terwujud.

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: