Skip to content

Arti “Encrypted Search Term” pada WordPress

March 8, 2014

Beberapa waktu belakangan, ketika buka wordpress, gue selalu melihat “encrypted term search” pada Google Search Term menu. Jumlahnya pun lumayan banyak. Itu artinya, dari banyaknya keyword yang dipake pengunjung blog gue, mayoritas jadi terhiden. Gue jadi gak tau, mereka itu masuk blog gue pake search term apa di google.

Bayangin aja, dalam sehari semisal ada 50 page views, 20-30 di antaranya pake ‘encrypted search term’. Gue jadi gak bisa analisa, postingan mana yang disukai pengunjung dan memang berbobot buat mereka. Eh tapi soal bobot postingan, ada juga sih yang masuk ke blog gue dengan keyword mesum. Apa tuh? Rahasia! Karena tiap hari selalu aja masuk keyword itu -,-

Oke, setelah browsing sana-sini, ketemulah alesannya. Kenapa itu terjadi? Ternyata Google melindungi privacy pengguna, termasuk dalam hal browsing biar gak ketauan dia pake keyword apa sih waktu masuk ke web/blog tertentu. Bisa juga karena pengunjung itu pake browser Incognito. Tapi, yang paling sering adalah karena si pengunjung kondisinya lagi login gmail, lalu ketik di google search dan masuklah ke blog/web kita. Nah, apa yang diketik oleh pengunjung itu dirahasiakan alias terenkripsi (encrypted).

Gue sih mikirnya gini, mungkin itu anak sekolah atau kuliah lagi buka email sambil browsing. Atau bisa emang emailnya selalu dalam keadaan logged in di browser. Ada banyak keuntungan kalo kita bisa tau keyword apa yang dipake sama visitor blog. At least kita makin tau apa yang dicari pengunjung yang masuk ke blog kita😀

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

