Skip to content

Review Video Katy Perry “Dark Horse” Tentang Wanita, Sumber Nafsu Dunia dan Kehancuran

March 9, 2014
Dark Horse

Dark Horse

Belum lama ini, ada ribut-ribut soal video Katy Perry yang judulnya Dark Horse. Gara-garanya ada simbol lafadz Allah di video itu yang dimakan oleh Katy Perry. Tapi sekarang kalo diliat di youtube sih udah gak ada simbol kalung itu, soalnya semenjak gencar protes dari para netizen, youtube udah edit video itu. Jadi sekarang udah clear dari penistaan agama😀

Sebelum review secara keseluruhan, sebelumnya gue mau bilang sesuatu. Harusnya umat muslim gak usah ribut soal simbol kalung lafadz Allah. Toh itu bukan kebiasaan kaum muslim kan, pake kalung bersimbol Tuhannya? Setau gue sih justru ada larangan memakai simbol agama sebagai perhiasan.

Kita bahas deh soal video itu.

Pembukaan

Pembukaan video diawali dengan kemunculan Katy Perry atau disebut Katy-Patra yang digambarkan sebagai seorang ratu di Memphis, Mesir. Ada yang inget, ratu apakah itu? Yup, CLEOPATRA!

Cleopatra adalah sosok ratu yang terkenal dengan kecantikan, kecerdasan, dan kemolekan tubuhnya. Dia berhasil menguasai para raja-raja secara hati maupun kekuasaan untuk ambisi pribadinya sebagai penguasa. Dalam video ini ditampilkan banyak sekali simbol mata satu. Ada juga scene yang memperlihatkan Katy dalam keadaan telanjang bulat dililit seekor ular yang melambangkan Apep, dewa kegelapan. Sebuah simbolisasi bahwa Katy Patra adalah sosok yang memuja pada nafsu dunia. Sebab ketika hati tertutup oleh nafsu dunia, maka hati dan pikiran akan menjadi gelap oleh ambisi.

Di situ juga ada patung dewa-dewa Mesir dan ada satu patung melambangkan Anubis yang merupakan dewa kematian. Bisa diartikan bahwa Katy Patra suka membunuh orang. Nanti akan dijelaskan, membunuh yang seperti apa🙂

Katy diapit dewa-dewa Mesir kuno

Katy diapit dewa-dewa Mesir kuno

Kemunculan Sosok Laki-Laki Berkalung Lafadz “Allah”

Nah, inilah scene atau bagian dari video itu yang menjadi kontroversi. Selain karena banyaknya simbol iluminati, kemunculan pemuda berlafadz Allah juga membuat heboh dan marah sebagian penonton. Lalu apa sih sebenernya maksudnya? Setelah gue nonton dan analisa, ternyata kemunculan pemuda ini, yang juga merupakan seorang raja, adalah simbolisasi dari seorang raja di wilayah Iraq. Seperti yang kita tahu, Iraq adalah wilayah kekaisaran muslim. Mungkin karena itulah digambarkan dengan raja yang memakai kalung berlafadz Allah.

Kondisi satu mata tertutup melambangkan bahwa penglihatannya dikuasai nafsu dunia

Kondisi satu mata tertutup melambangkan bahwa penglihatannya dikuasai nafsu dunia

Raja ini datang dengan kondisi satu mata yang tertutup, secara simbolis, ini berarti bahwa dia hanya melihat dengan nafsu dunia. Dia tidak melihat dengan kedua mata, yang kita katakan dengan akal sehat. Nafsulah yang membelenggunya, yaitu nafsu ingin memiliki Katy Patra yang terlihat molek dan cantik.

Katy Patra sendiri ketika melihat sang raja datang membawa berlian, dia melihat hanya dengan kondisi satu mata tertutup. Jadi, dia juga melihat kedatangan sang raja dengan ambisi dan nafsu. Maka dia suruh dayangnya yang berkepala kucing untuk mengambil berlian itu, namun sang raja dibunuhnya. Ambisius dan culas kan?

Kemunculan Raja yang Membawa Bahan Makanan

Sosok kedua yang mendatangi Katy Patra adalah raja yang membawa makanan berupa cabe merah. Ini melambangkan kekuasaan. Loh kok bisa? Iya, makanan adalah sumber energi bagi manusia. Lalu apa hubungannya dengan kekuasaan? Kenapa cabe? Tau kan, cabe itu rasanya pedes! Meskipun demikian, banyak juga penggemarnya. Kekuasaan, semakin digenggam rasanya akan panas. Sama seperti cabe yang semakin banyak kita makan, bisa jontor lah bibir kita😀

Apa yang terjadi pada raja pertama juga dialami oleh raja kedua. Katy Patra mengenyahkan raja kedua ini setelah dia berhasil mendapatkan cabenya. See? Ini masih seputar ambisi dan kelicikan.

Kemunculan Raja yang Membawa Piramid

Sosok ketiga yang muncul adalah raja yang membawa piramid. Kita tau bahwa piramid atau segitiga yang terpotong di atasnya adalah simbol iluminati. Di sini diartikan bahwa sang raja membawa kekuatan tanpa batas untuk dipersembahkan pada Katy Patra. Dia juga memakai simbol mata satu di antara kedua puting susunya, menggambarkan bahwa di dadanya pun telah tertanam keinginan berkuasa secara penuh.

Katy Patra jelas sangat tertarik, sebab memang kekuasaan tanpa bataslah yang ia cari. Ketika Katy naik ke atas piramida tersebut, dia berubah menjadi sosok bersayap. Ini adalah simbolisasi bahwa dia telah bertransformasi menjadi Iris, pertanda bahwa dia telah berubah menjadi super-illuminati pharaoh. Katy telah berubah menjadi seorang penguasa yang tiran dengan segala kekuatan dan ambisinya.

darkhorse

Katy Patra berubah menjadi sosok Iris

Analisa Lirik

Berikut adalah penggalan lirik Dark Horse :

I knew you were
You were gonna come to me
And here you are
But you better choose carefully
‘Cause I, I’m capable of anything
Of anything and everything

Make me your Aphrodite
Make me your one and only
But don’t make me your enemy, your enemy, your enemy

“Make me your Aphrodite”. Ada yang tau Aphrodite? Dia adalah dewi seks dalam mitologi Yunani. Jadi lirik ini mengindikasikan bahwa Katy Patra adalah sosok yang memiliki kekuatan seksualitas sekaligus kecantikan yang luar biasa. Dan dia memakainya untuk memiliki kekuasaan.

 

Cleopatra, Kisah Raja Perempuan Penuh Nafsu

Cleopatra adalah raja perempuan di Memphis. Orang Mesir kuno menyebutnya Pharaoh. Dia pernah menikah dengan adiknya sendiri yang bernama Ptolemy. Ketika Julius Caesar sedang mengadakan ekspansi kekuasaan Roma ke Mesir, dia terpikat oleh kecantikan Cleopatra.

Cleopatra memanfaatkan rasa suka Caesar untuk melakukan pemberontakan dan membunuh adik sekaligus suaminya, Ptolemy. Ketika suaminya itu telah meninggal, maka Cleopatra menjadi pharaoh dan menjalin hubungan dengan Caesar. Mereka dikaruniai satu orang putra di luar hubungan pernikahan.

Sayangnya hubungan mereka tak berlangsung lama, sebab Caesar mati dalam sebuah pembunuhan. Cleopatra pun berusaha mempengaruhi Mark Anthony, orang yang menggantikan Caesar agar dia lolos dari jerat hukuman. Lagi-lagi, dengan kemolekan sekaligus kecantikannya, Cleopatra berhasil menaklukan Mark Anthony. Mereka menjalani hubungan yang panas dan  menggebu-gebu hingga Cleopatra melahirkan dua anak kembar.

Ketika kekuasaan Romawi dikuasai Octavian dan Agrippa, mereka mengutus Mark Anthony memerangi Mesir. Namun Mark menolak karena rasa cintanya pada Cleopatra. Senat Romawi pun akhirnya memanggil Mark untuk pulang ke negaranya, tetapi Mark justru membangkan dan memerangi. Ketika sedang berperang, Mark mendengar bahwa Cleopatra terbunuh. Dia sangat terpukul, lalu memilih untuk bunuh diri.

Ketika ajal hampir mendekat, ada yang mengatakan padanya bahwa Cleopatra masih hidup. Dengan tertatih, dia mendatangi Cleopatra di tempat persembunyiannya, lalu mati di  pelukan wanita tercintanya itu. Cleopatra yang kehilangan Mark berusaha untuk merayu penguasa baru dengan cara yang biasa dilakukan, yaitu melalui kecantikan dan kemolekan tubuhnya.

Mungkin karena udah tua kali yeee jadi penguasa baru Roma gak mau sama dia😀

Karena frustasi dan tau bahwa kehancuran Mesir sudah di depan mata, maka Cleopatra pun bunuh diri dengan cara membiarkan tubuhnya dipatuk ular di kuil tempat mereka beribadah.

 

Oke, sebuah kesimpulan

Video Black Horse ini menggambarkan tentang Cleopatra, perempuan yang berambisi besar akan harta dan  kekuasaan. Dia menggunakan segala cara untuk mendapatkan itu semua. Cara yang biasa dipakai tentunya dengan kemolekan tubuhnya. Bahkan dia tega membunuh suaminya sendiri, Ptolemy, untuk menjadi seorang pharaoh.

Ini mengingatkan gue tentang dialog antara nabi yahya dengan iblis. Iblis bilang, bahwa salah satu alat yang dipakainya untuk menghancurkan umat manusia adalah para wanita. Wanita adalah sumber nafsu dunia. Wanita adalah penyebab maksiat merajalela. Lemahkan wanita, maka dunia akan mudah hancur. Sebab laki-laki, sealim apapun tak akan mampu menolak tipu daya wanita.

Iblis mengatakan itu, sebab dia pernah menggoda seorang ulama dengan tipu daya namun tak berhasil. Tetapi ketika didatangkan seorang wanita di hadapannya, terkikislah iman sang ulama itu hingga ia melakukan dosa.

Bukan berarti gue mendiskreditkan seorang wanita ya. Gue sendiri wanita, tapi di sini ada pesan moral. Kalau mau dunia ini kokoh, jadilah wanita yang kuat pula. Karena kita wanita adalah tiang negara. Tiang dunia ini malahan😀

 

Tentang dialog antara Nabi Yahya dengan Iblis, silakan lihat postingannya di sini

All pictures on this post i took from vigilantcitizen.com🙂

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: