Skip to content

Analisa Lagu ‘Let It Go’, Soundtrack Film Frozen : Tentang Penipuan Diri dan Berusaha Sok Kuat

April 6, 2014
Elsa menyanyikan Let It Go

Elsa menyanyikan Let It Go

 

Pernah lihat orang yang suka update status penuh motivasi? Atau mungkin dia suka mengkritik orang lain? Mungkin bagi yang paham akan psikologi dan alam sadar, akan mudah mengetahui bahwa jiwa orang tersebut bermasalah. Dia berusaha menipu orang lain dan dirinya sendiri dengan berpura-pura kuat. Penuh bijak kata-katanya, namun rapuh hatinya.

Bagi yang pernah menonton film Frozen, pasti akan mendengar lagu Let It Go. Lagu ini dinyanyikan karakter Elsa, saudara dari Anna yang seharusnya menjadi ratu. Elsa memiliki kemampuan sihir yang luar biasa. Segala sesuatu yang disentuhnya akan berubah jadi es. Dulu waktu kecil, Elsa pernah hampir membunuh adiknya, Anna, karena sihirnya mengenai Anna. Untunglah saat itu hati Anna tak terkena sihir, sehingga Anna masih hidup.

Sejak saat itu, dunia Elsa berubah. Oleh kedua orangtuanya, Elsa disuruh memakai sarung tangan agar dia tak membuat orang di sekitarnya membeku. Elsa pun lebih sering mengurung diri di kamar. Hal itu membuat Anna sedih. Dia kehilangan teman bermain satu-satunya. Keadaan Elsa sendiri memburuk. Kekuatannya terus bertambah seiring dengan rasa takut dan depresi yang dimilikinya. Elsa kehilangan kebahagiaannya.

Suatu saat, kedua orangtua Elsa pergi bepergian. Kapal mereka diterjang badai, maka mereka pun meninggal. Elsa kehilangan dua malaikat pelindungnya. Hingga suatu saat, Elsa dinobatkan menjadi ratu. Gerbang istana yang selama bertahun-tahun ditutup pun akhirnya dibuka. Elsa takut bahwa orang-orang akan tau tentang kemampuan sihirnya. Dia takut dituduh sebagai penyihir.

Berbeda dengan Elsa, Anna tampil riang. Dia pun menemukan pangeran pujaan hatinya. Bodohnya, Anna langsung meminta restu pada Elsa agar diberi ijin menikah dengan pangeran yang baru hari itu dia temui. Elsa tak merestui. Terjadilah pertengkaran. Elsa kalap, sehingga sihirnya pun tak sengaja dia lepaskan.

Semua orang panik. Mereka takut, ditambah dengan salah satu provokator yang menyatakan Elsa adalah penyihir. Elsa kalut, sedih, dan takut. Dia pun lari meninggalkan istana, terus bergerak ke pegunungan utara. Di sinilah lagu Let It Go itu dinyanyikan. Berikut liriknya :

The snow glows white on the mountain tonight
Not a footprint to be seen
A kingdom of isolation,
And it looks like I’m the queen.The wind is howling like this swirling storm inside
Couldn’t keep it in, heaven knows I tried

Don’t let them in, don’t let them see
Be the good girl you always have to be
Conceal, don’t feel, don’t let them know
Well, now they know

Let it go, let it go
Can’t hold it back anymore
Let it go, let it go
Turn away and slam the door

I don’t care
What they’re going to say
Let the storm rage on,
The cold never bothered me anyway

It’s funny how some distance
Makes everything seem small
And the fears that once controlled me
Can’t get to me at all

It’s time to see what I can do
To test the limits and break through
No right, no wrong, no rules for me
I’m free

Let it go, let it go
I am one with the wind and sky
Let it go, let it go
You’ll never see me cry

Here I stand
And here I’ll stay
Let the storm rage on

My power flurries through the air into the ground
My soul is spiraling in frozen fractals all around
And one thought crystallizes like an icy blast
I’m never going back,
The past is in the past

Let it go, let it go
And I’ll rise like the break of dawn
Let it go, let it go
That perfect girl is gone

Here I stand
In the light of day
Let the storm rage on,
The cold never bothered me anyway

Coba perhatikan. Di situ ada lirik yang diulang-ulang, antara lain Let It Go, Let the storm rage on, dan The cold never bothered me anyway. Perhatikan pula ekspresi elsa sewaktu menyanyi. Dia berekspresi dengan wajah lebih terarah pada emosi yang meledak dan terkesan kejam. Di sini, Let It Go lebih didominasi pada dorongan hati Elsa untuk berusaha menguatkan diri dan tidak ingin dikuasai lagi oleh ketakutannya.

Penggalan lirik Let It Go yang dinyanyikan berulang-ulang merujuk pada kekuatannya. Ketika Let it go diucapkan, Elsa pasti sedang menggunakan sihirnya untuk membentuk sesuatu melalui tangannya. Itu adalah simbol bahwa dia ingin membiarkan kekuatan sihirnya terus ada pada dirinya, dan dia ingin bisa menggunakannya tanpa perlu takut dan disangka penyihir ketika di hari penobatannya. Elsa mengiringinya dengan Here I’ll Stand and Here I’ll Stay, seolah-olah dia bahagia dengan tempat barunya. Padahal, dia sendiri merasa kesepian dan merasa terbuang karena takut akan penilaian orang atas dirinya

Kedua, Let the storm rage on. Makna dari penggalan lirik ini juga masih sama dengan let it go, Elsa ingin agar storm atau badai akan kekuatan dirinya terus melekat dengannya. Dia tidak ingin ada yang mengganggunya dan ingin agar dia tetap kuat dengan kemampuannya itu.  Elsa juga menyanyikan You’ll never see me cry. Pada kenyataannya, dia menangis ketika tau bahwa Anna hampir mati karena sihirnya. Jadi, Elsa sebetulnya hanya membohongi dirinya ketika mengatakan bahwa dia tak akan menangis.

Terakhir, penggalan lirik The cold never bothered me anymore. Sekilas, kita bisa menganggap hal itu wajar karena Elsa punya kekuatan untuk mendinginkan sekitarnya. Bisa dibilang, dia adalah ratu es. Ditambah dengan tempat tinggalnya yang baru tanpa ada siapapun, dia tak perlu merasa bahwa dirinya bermasalah. Namun sesungguhnya, dia sendiri merasa kedinginan. Elsa tak punya teman. Cara Elsa menutup pintu di ending lagu Let It Go, sama persis dengan caranya menutup pintu ketika dia mengusir Anna dari kamarnya. Wajah Elsa sedih, yang menandakan bahwa dia tidak bahagia. Jadi sebetulnya Elsa tersiksa dengan dingin yang melingkupinya.

Overall, lagu ini memang sangat powerful dan seolah-olah memberi kekuatan. Tapi kalau mau lebih teliti akan lirik dan ekspresi Elsa ketika menyanyikannya, akan ditemukan bahwa dia tak bahagia.

Sekian analisanya, FYI gue sampe nangis mewek-mewek waktu nonton film ini. Good Job, Disney! Thanks for this great movie😀

From → Lyric, Review

One Comment
  1. ih bgs bgt!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: