Skip to content

Fenomena ‘Bulan Berdarah’ atau Blood Moon : Antara Kuasa Tuhan, Mistis, dan Kepercayaan

April 7, 2014

Diperkirakan, tanggal 14-15 April nanti akan jadi gerhana bulan yang indah sekaligus magis. Mengapa? Karena bulannya akan berwarna merah seperti darah. Masyarakat Jawa percaya, biasanya bulan seperti ini berhubungan dengan mistis. Menurut sumber ini, Blood Moon sudah tertuang jelas dalam Injil Joel 2:31 The sun will be turned to darkness, and the moon to blood before the great and dreadful day of the LORD comes.

fenomena blood moon

fenomena blood moon

 

Blood moon sendiri pernah dialami waktu gue masih kecil. Sekitar awal 2000an, pernah terjadi gerhana bulan dan bulannya kelihatan jauh lebih besar, terang, serta berwarna darah. Suasana kampung makin lengang waktu gerhana itu terjadi. Kalo gak salah lebih dari 3 hari. Namanya juga anak-anak, pasti ketakutan waktu orangtua bilang “Ojo metu, setan-setan lagi dolan! Deloken rembulane“. (Jangan keluar, setan-setan lagi main. Tuh liat bulannya).

Maka bahagialah orangtua sebab dengan adanya bulan seperti itu, anak-anak mereka anteng di rumah. Halaman yang biasanya ramai dengan anak yang bermain karet tali atau petak umpet pun lengang. Ditambah saat itu ada beberapa kabar duka dengan adanya warga yang meninggal. Lengkaplah sudah. Blood moon seakan menjadi kutukan saat itu.

Sampai saat ini gue hanya mengagumi satu kejadian gerhana bulan. Yaitu waktu blood moon semasa kecil gue. Selebihnya gue hanya suka, tapi gak pernah sampe terkesima. Gue suka warna matahari senja yang kemerahan. Begitupun dengan bulan. Meskipun sebetulnya gue bukan penyuka warna merah kecuali untuk lipstik :p

Terlepas dari mistik atau tidaknya fenomena blood moon, yang penting 14-15 April nanti gue akan mengenang masa kecil gue. Di kampung, gue bisa menikmati tanpa gangguan lampu-lampu kota. Langit pun kelihatan hitam tanpa ada polusi cahaya. Kalo dulu gue takut karena gue gak ngerti soal fenomena alam, sekarang mungkin gue akan lebih memahami blood moon sebagai kuasa Tuhan🙂

 

From → Life and Nature

2 Comments
  1. Reblogged this on Selamat Datang.

  2. April 2015 mbak? wah.. saya jadi penasaran pengen lihat fenomena’y.. he

Leave a Reply

