Skip to content

Bagaimana Aturan Ujian Nasional 2014?

April 12, 2014

Untuk UN 2014, jumlah siswa per ruangan maksimal 20 orang. Nilai UN tahun ini bisa jadi penentu masuk PTN. Sekarang saja, semua sekolah sudah dihimbau untuk nilai rapor semester 1-6 untuk diolah agar memudahkan pendaftaran kuliah.

Paket soal tahun ini ada 20 + 1 paket cadangan untuk 3 mapel (Bahasa, English, Math). LJUN menyatu dengan paket soal.

Pembagian soal dimulai dari sebelah kanan pengawas. Kalau setelah itu mau loncat-loncat, tidak apa-apa. Yang penting dimulai dari sebelah kanan. Tidak mesti harus dimulai dari pintu. Karena kodenya berbeda, barcodenya pun berbeda. Jadi tidak mungkin ada soal yang sama.

Instruksi yang harus diberikan pengawas kepada siswa adalah mengisi identitas yang lengkap. Sedangkan teori kejuruan hanya ada 2 paket soal (Paket 12 atau Paket 45). Yang ini harus dimulai dari nomer pertama. Misal nomer paling awal dekat pintu, maka harus dibagi dari pintu.

Diperiksa semua tanda tangan, identitas, dll. Lalu instruksikan untuk menyiapkan penggaris, dan robek LJUN sehingga terpisah dari LJUN. Setelah itu, di lembar soalnya diberi Nama, Nomor Peserta, dan Asal Sekolah. Anak juga diperbolehkan untuk melingkari pilihan ganda yang ada di paket soal sebagai antisipasi jika LJUN nya rusak.

Anak dilarang menggambar di paket soal (hahaha inget jaman sekolah suka gambar di soal :D)

Bagaimana jika ada paket soal yang cacat? Anak tersebut distop, disingkirkan paket soalnya lalu diberikan paket baru. Apakah ngulang dari awal? Tidak perlu. Misal yang rusak paket soal di awal tidak ada nomer 40 nya, maka untuk paket soal baru si anak cukup menjawab nomor 40 nya saja😀 *tebiir cyiiin*

Kode provinsi Jawa Barat 02
Kode kota Bekasi 03
Kode Rayon 01
Kode sekolah beda masing sekolah.

Berita acara 3, absensi 3. LJUN dikumpulkan, berita acara dan absensi hanya satu yang dimasukkan ke dalam amplop. Setelah itu dilem, stiker, dan tanda tangan kedua pengawas. Dua berita acara dan absensi diserahkan ke pihak sekolah.

Pengumpulan LJUN diurut dari nomor peserta UN terkecil ke besar. Soalnya pun dikumpulkan sesuai dengan nomor urutnya dijadikan satu, tidak dipisah berdasar kelompok A atau B.

Senin Bahasa, Selasa Matematika, Rabu English + Kejuruan.

Pengumuman UN masih belum jelas antara 17, 20, atau 24 Mei.

From → Education

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: