Skip to content

Asal-Usul Nama ‘Siti’ di Indonesia

April 26, 2014

Banyak yang menganggap bahwa arti nama ‘Siti’ adalah ‘Sayyidati’, yaitu nama panggilan untuk sahabat rasul. Ternyata tidak. Siti berasal dari bahasa Sansekerta ‘Ksiti’ yang berarti tanah.

Sewaktu SD, guruku pernah bilang bahwa karena orang Jawa tak bisa menyebut Sayyidati, maka panggilan itu diganti menjadi Siti. Tujuannya agar si anak punya akhlak seperti sahabat rasul.

Nama Siti sendiri hanya ada di Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Sayyidati sendiri panggilan untuk perempuan, sedangkan untuk laki-laki adalah Sayyidina. Contoh : Sayyidina Ali bin Abi Thalib, Sayyidati Khodijah. Di Indonesia, Khodijah, Aisyah, semua mendapat awalan ‘Siti’. Sedangkan nama sahabat laki-laki tetap dengan awalan Sayyidina.

Penjelasan nama Siti menurut dua versi itu logis. Siti, dalam bahasa Jawa berarti tanah. Siti juga dipakai untuk nama laki-laki, seperti nama Syekh Siti Jenar. Tak mungkin kan, kalau penyematan nama Siti dalam nama Syekh Siti Jenar adalah untuk perempuan? Sebab beliau adalah laki-laki.

Manusia memang berasal dari tanah. Dan kebiasaan orang Jawa, kadang suka menamai anaknya dengan benda-benda di alam. Contohnya Candra/Condro yang berarti bulan, Surya yg berarti matahari, dan bisa jadi termasuk pula Siti yang berarti tanah.

Apapun tujuan pemberian nama Siti, entah merujuk pada asal-usul versi arab atau sansekerta, yang pasti orang tua sebagai pemberi nama tentunya punya tujuan dan doa yang baik untuk anaknya🙂

From → Info

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: