Skip to content

Ketika Kehidupan Kita Dicibir Orang

May 3, 2014

Bulek, sudah lama aku tak menulis kisahmu. Padahal curhat dan tangismu seringkali mengalir deras. Baiklah, aku akan memulainya lagi.

***

Kau tau rasanya menjadi orang yang hanya berwujud batu pijakan? Tiap saat banyak yang ingin berdiri di atasmu, sekedar melepas lelah atau memang telah berniat ingin menanti saat yang tepat. Saat kakinya sudah menemukan batu yang jauh lebih baik.

Sebagai batu pijakan, sebetulnya kau ini kecil. Karena jika kau besar, orang akan menetap lama di atasmu. Bahkan bisa jadi membuatmu sebagai tempat tinggal.
Namun kau hanya batu pijakan. Orang tak akan mau berlama-lama menempatimu.

Manusia, terkadang lupa bagaimana menjaga perasaan orang lain. Ketika mereka butuh sesuatu, akan dengan segera mereka mencari sosok yang bisa membantu. Tetapi kegesitan akan kebutuhan itu tak berlaku jika ada tangan yang menjulur meminta bantuan.

Wajah dipalingkan, mulut mulai menebar penolakan.

Padahal kau pun sedang butuh mereka. Mereka yang sering kau bantu tanpa berpikir lama. Kau pernah meratapi hal itu di depanku, dengan beban yang kau tanggung sendiri.

“Mengapa mereka berbuat seperti itu padaku?” Begitu kau bilang.

Di saat hati kau korbankan, pun orang lain masih mencibir. Padahal mereka tak menolong. Padahal mereka hanya berkomentar tanpa membantu. Keluhmu pun lebih banyak kau lempar padaku.

Tapi satu hal yang tak kau tau, bahwa pertunjukan yang banyak dikomentari adalah pertunjukan yang bagus. Kalau jelek, orang tak akan banyak komentar. Mereka lebih suka memilih tontonan lain tanpa bersuara. Kalaupun berkomentar, itu hanya di awal “Ah, jelek!”. Lalu, selesai perkara.

Takkan ada lagi pertunjukan tadi. Sebab mereka telah mengalihkan pandang pada yang lain. Sebab drama kehidupan orang lain yang mereka lihat tak demikian menarik.

Maka kau, kau punya kehidupan dan peran yang dicibir orang. Dan kau tau artinya🙂

***

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: