Skip to content

Bahaya Membenci Sesuatu : Melakukan Hal yang Dibenci Secara Tidak Sadar

May 4, 2014

Apa yang kita benci, secara tidak sadar akan membentuk perilaku kita melakukan hal tersebut. Setidaknya itu yang gue peroleh selama kuliah Pengantar Psikologi.

Ketika diamati dan dialami sendiri, pernyataan dosen gue yang merupakan psikiater itu benar adanya. Beberapa kali gue menemukan orang yang katanya membenci sesuatu, suatu saat pasti dia melakukan apa yang dibencinya.

Pernah waktu itu temen gue misuh-misuh, nyinyir orang yang lepas jilbab. Beberapa waktu kemudian, dia sendiri melakukan itu. Ada juga temen gue yang anti nikah karena tau mamanya suka selingkuh, tapi dia sendiri merupakan sosok yang tak tahan dengan satu pasangan.

Daaan masih banyak lagi.

Gue pun pernah dikomentarin orang “Lo tuh katanya gak suka begini, nyatanya lo sendiri ngelakuin”. Nah di situ akhirnya gue sadar.

Mungkin nasehat “Bencilah sesuatu sewajarnya” bermaksud agar kebencian kita tak menjadi penyakit hati yang berujung pada pembentukan perilaku kita sendiri.

Meskipun gue belum pernah melakukan riset secara langsung, tapi banyaknya pengalaman itu menjadikan gue mengamini pernyataan di atas.

Benci bisa menjadikan kita sakit. Entah jadi suka, atau melakukannya tanpa sadar.

Pantaslah kebencian merupakan penyakit hati yang patut dihindari. Sebab ketika dihinggapi, kita akan menjadi orang yang terkesan hipokrit. Mulut menentang, tapi tubuh justru melakukan.

*istighfar*

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: