Skip to content

Review Film X-Men Days of Future Past : Harapan, Inti Kehidupan Manusia

May 24, 2014

Yaaak siapa yang udah nonton film X-Men Day Of Future Past? Ada figur Sentinel yang muncul dalam film itu. Sentinel sendiri adalah robot yang diciptakan untuk memusnahkan mutan.

Pada awal penciptaannya, Sentinel diciptakan dengan tujuan agar mampu membasmi mutan yang dianggap berbahaya oleh pemerintah US kala itu. Tahun 1973, Dr. Trask adalag otak sekaligus pencipta Sentinel.

Di opening film, Sentinel dan para mutan berperang. Terlihat para mutan kewalahan menghadapi Sentinel sebab mereka bisa berubah wujud untuk melindungi diri. Ketika dilawan pakai api, Sentinel mengubah diri menjadi es, tanah, atau logam. Lalu berbalik arah melawan mutan yg tak bisa mengubah wujud sesuai bakatnya.

Para mutan ini hanya punya satu bakat. Misal mengendalikan badai, es, logam, api, baja, atau pikiran. Oleh karena itu, para mutan yg masuk dalam tim X-Men kewalahan melawan Sentinel.

Jumlah manusia di bumi sendiri semakin menipis. Sebab Sentinel tak hanya membasmi mutan, namun juga para manusia biasa yg berusaha melindungi mutan atau memiliki sifat bawaan mutan. Tragis, manusia telah jadi budak mesin dan manusia licik di atasnya.

Untuk mengatasi hal itu, Profesor Christopher mengirim si manusia Wolferine kembali ke tahun 1973. Tahun ketika awal mula Sentinel diciptakan. Ternyata, kekuatan Sentinel untuk bisa mengubah wujud didapatkan dari DNA mutan bernama Raven.

Raven adalah mutan yang mampu mengubah wujudnya menjadi siapapun dalam waktu sekejap. Ketika dia membunuh Dr. Trask di Paris, Raven dibunuh oleh tim militer. Tubuhnya dipakai untuk mengembangkan Sentinel menjadi mesin pembunuh dengan kemampuan seperti Raven.

Nah, ketika Wolferine kembali pada tahun 1973, tugasnya adalah menemukan Erik si pengendali logam dan Profesor Christopher yg saat itu masih muda.

Kala itu, Profesor adalah sosok yg tak punya harapan. Hati dan pikirannya hancur karena murid-murid dan orangtua di sekolah bakat pimpinanya tewas akibat wajib militer ke Vietnam. Terlebih dari itu semua, dia kehilangan Raven. Sosok mutan yg dirawatnya sejak kecil, sekaligus yg dicintainya.

Profesor punya kekuatan membaca dan mempengaruhi pikiran. Dia lah kunci agar Raven menggagalkan pembunuhan terhadap Dr. Trask. Sebab ketika Raven membunuh Trask, maka Raven akan diburu dan masa depan yg mengerikan akan tercipta : munculnya Sentinel, mesin tak berhati yang membasmi semua hal yg dianggap mengandung mutan.

Trauma dan kesedihan Profesor membuat pekerjaan menjadi sulit. Dia orang yg mudah putus asa dan tak punya harapan. Lalu, Profesor diperlihatkan masa depan dirinya dan dipertemukan dengan Profesor dalam wujud tua.

Profesor tua menasehatinya : Jika ada yang salah jalannya, bukan berarti dia hilang selamanya.

Profesor muda yang telah membaca masa depannya itu akhirnya tersadar. Harapannya tumbuh. Dia yakin, ketika sejarah hari itu bisa diubahnya, maka kehancuran bisa dihindarkan.

Pada detik menjelang dibunuhnya Trask oleh Raven, Perofesor berhasil mempengaruhi pikiran Raven. Berkali-kali Profesor melakukan itu namun selalu gagal, karena Raven punya dendam besar terhadap Trask yang telah membantai kaumnya, kaum mutan.

Ketika Raven membatalkan pembunuhan itu, masa depan pun berubah. Sentinel lenyap, dan kehidupan di masa depan berjalan dengan damai.

Poin penting dalam film ini adalah tentang harapan. Harapan menjadikan kita lebih hidup. Harapan adalah benih semangat yang memacu kita menjadi lebih baik. Dan seperti di film ini, harapan mampu mengubah masa lalu yg buruk menjadi masa depan yg lebih baik.

Kadang manusia terlalu sok pintar menciptakan ini itu. Padahal, ciptaan manusia punya keterbatasan yang mereka sendiri tak mampu menghadapinya. Seperti US yg selalu ingin terlihat super power, namun tindakannya justru menyebabkan umat manusia lainnya menderita.

From → Review

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: