Skip to content

Makna Munculnya Burung Gagak pada Video World Cup 2014 ‘Lalala’ by Shakira

May 27, 2014

Pagi tadi iseng buka yutup. Lalu muncul suggestion lagu yg berjudul ‘La la la (World Cup 2014) by Shakira’. Ya udah, di klik lah itu link, kali aja lagunya seasik Waka-Waka kan?😀

Ternyata lagunya jauh lebih enak Waka Waka. Memang ada persamaan, yaitu dimunculkannya banyak orang sebagai simbol bahwa World Cup adalah perhelatan banyak bangsa. Namun, ada yang mencuri perhatian saya di tengah video, yaitu kemunculan burung gagak dan seekor harimau.

Kita bahas dulu soal burung gagak.

Burung gagak adalah simbol okultisme. Banyak situs pagan yang ditemukan selalu ada simbol burung gagaknya. Sebagian orang menyatakan bahwa gagak adalah lambang ketajaman pikiran. Sama seperti burung hantu yg dipakai sebagai lambang instansi pendidikan dunia.

Kita perlu tahu, bahwa gagak adalah burung yg aktif di malam hari. Begitupun dengan burung hantu. Gagak memiliki suara yg cukup mengerikan, sehingga di beberapa negara menganggap bahwa suara gagak adalah kutukan.

Dulu ketika kecil, kalau mendengar suara gagak, orangtua di kampung saya bilang pasti akan ada orang yg meninggal. Dan benar, keesokan harinya pasti akan ada kabar duka.

Gagak juga disimbolkan sebagai sihir. Konon di daratan Eropa, penyihir tingkat tinggi bisa mengubah dirinya menjadi seekor gagak untuk bisa terbang.

Dalam video itu, Shakira terlihat memakai rumbai kepala berwarna gelap. Lalu seekor burung gagak menghampirinya, dan di belakangnya ada seekor harimau.

Harimau adalah simbol kekuatan mistis tertinggi. Terutama harimau putih. Banyak pencari kesaktian berusaha mempelajari ilmu harimau atau bersekutu dengan setan agar mendapat pendamping berupa harimau.

Lalu apa kaitannya kemunculan gagak dan harimau dalam video itu?

Untuk orang skeptis, pasti akan menganggap ini ilmu cocoklogi. Tapi percayalah, tak ada simbol tanpa makna dalam sebuah video atau film dari negara sebesar amerika. Kalau video klip atau film murahan, boleh kita judge minim ‘makna di balik makna’.

Bagi orang media, menciptakan suatu karya tanpa makna mendalam adalah hal yang sia-sia. Buatlah suatu hal yg nampak wajar, namun sebetulnya ada makna yg mesti digali bagi orang yg mau berfikir.

Setiap penggunaan benda atau gerakan pasti ada artinya. Itulah yang membuat sebuah film atau video lebih hidup dan tak bosan ditantang. Pernah nonton film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo? Kalau kita nonton hanya sekilas tanpa dipikir, pasti akan berpikiran bahwa film itu menjatuhkan nama Islam. Tapi coba dipikir baik-baik. Sorban dan kemunculan orang-orang brutal di film itu bukan mencitrakan Islam secara keseluruhan. Namun bisa merujuk pada suatu ormas atau kelompok masyarakat tertentu. Karena faktanya, tak semua muslim di Indonesia memakai sorban.

Kembali soal video Shakira, saya menyimpulkan bahwa tayangan Piala Dunia adalah berhala baru masa kini dengan simbolisasi gagak. Mengapa bisa disebut demikian? Karena ada orang-orang yg rela membuang waktu dan uangnya demi bisa menonton selebrasi bola bergengsi tersebut.

Bangun pagi dini hari demi nonton bola. Telat kerja gara-gara kesiangan karena malamnya nonton bola. Ada juga yg lebih suka terpekur di depan TV dibanding ibadah hanya demi nonton bola.

Memang tak semuanya begitu. Ada juga yg bisa mengontrol diri dan mengalahkan nafsunya dikuasai hasrat menonton bola. Namun, lebih banyak manakah antara yg bisa dan tidak? Kebanyakan yg mengabaikan tontonan bola hanya mereka yg kalah dengan rasa ngantuk.

Mohon maaf reviewnya masih sebatas analisa pribadi. Link dan lirik menyusul😀

From → Review

One Comment
  1. dhea fitriana permalink

    Ia bnr pkek bgt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: