Skip to content

Review Film Edge of Tomorrow, Tentang Keinginan Manusia Memenangkan Waktu

May 29, 2014

Ke bioskop malem-malem nonton ini pasti gak jadi ngantuk😀 Edge of Tomorrow ini mirip film X-men Days of Future Past. Berkisah tentang Mayor Cage yg diperankan Tom Cruise. Cage terlibat dalam perang yang melibatkan antara alien (mimic) dengan tentara Amerika.

Sebetulnya, Cage tak perlu ikut perang. Sebab pangkatnya sudah mayor. Namun karena dia berani melawan jenderal, maka Cage dibuang ke camp militer dan dituduh telah melakukan suatu pelanggaran disiplin militer.

Cage bergabung dengan skuad bernama J Squad. Terdiri dari orang-orang nyeleneh, J Squad tak henti-hentinya mengolok Cage. Hingga pagi hari di saat pertempuran, Cage masih saja diolok.

Malang bagi Cage. Dia tak bisa menggunakan senjata. Namun pada detik-detik terakhir, dia bisa menembak musuh. Sayangnya, Cage dihampiri alien Alfa, pemimpin dari para mimic.

Alfa adalag alien yang lumayan langka. Jumlahnya hanya ada satu di antara 6,18 juta mimic. Warnanya biru terang, berbeda dengan mimic lainnya yg berwarna coklat.

Cage menembak Alfa di depannya. Dia berhasil. Tetapi, darah sang Alfa mengucur dan menghancurkan wajahnya. Cage terbangun. Ternyata dia tertidur!

Sebetulnya dia tidak tertidur. Sebab kejadian semenjak dia bangun, bertemu sersan, dicemooh J Squad, hingga dia bertempur, semuanya selalu berulang. Setiap kali Cage mati di medan pertempuran, maka adegan hidupnya akan kembali bermula pada saat dia terbangun di camp. Begitu seterusnya.

Pada babak mimpinya, Cage bertemu dengan Rita. Ternyata Rita pernah mengalami hal yg sama seperti Cage. Dia pernah mati dan kembali terbangun, mengulangi kejadian seperti itu terus-terusan. Hal itu disebabkan karena Rita pernah membunuh Alfa ketika perang di Verdun.

Di mimpinya itu, Rita meminta Cage mencarinya ketika terbangun.

Cage dan Rita akhirnya menjadi tim. Mereka mengincar pimpinan tertinggi para mimic, yaitu Omega. Alien yg disebut Omega ini punya kekuatan mengendalikan waktu. Dia lah yg menyebabkan Cage selalu hidup kembali setiap kali dibunuh.

Rita berpesan “Ketika kau terluka parah, sebaiknya kau mati karena ketika mati, kau akan hidup kembali. Jangan sampai kau mendapat transfusi darah sebab itu akan menghilangkan kemampuan hidup kembalimu itu”.

Apa yg dinasehati Rita pun terjadi. Cage terluka dan mendapat transfusi darah. Kemampuan hidup kembalinya hilang, disertai hilangnya kemampuan melacak Omega. Padahal dia dan Rita sedang mencari Omega untuk dibunuh. Namun dia sempat memperoleh sekelebat penglihatan bahwa Omega berada di Paris.

Cage dan Rita berangkat ke Paris bersama J Squad. Mereka menyerbu sarang Omega yg dijaga ketat oleh Alfa dan banyak mimic. Rita tewas diserang Alfa. Dan Cage dengan depresi menceburkan diri ke dalam kolam tempat Omega bersembunyi. Dia melepaskan bom dan hancurlah Omega beserta seluruh mimic yg menyerang bumi.

Tetapi, itu bukan akhir. Darah Omega masih aktif dan menyatu dengan Cage. Cage pun kembali terbangun, namun tak lagi dalam keadaan perang. Pangkat mayornya kembali, dan dia mendapati Rita dalam keadaan hidup.

Pesan dari film ini adalah bahwa sebetulnya waktu tak dapat diputar. Ketika ingin melakukan sesuatu, lakukan yg terbaik saat itu juga. Pada saat Cage memiliki kemampuan hidup kembali, dia selalu gagl mencapai sarang Omega. Namun ketika dia menjadi manusia biasa, dia mampu menemukan tempat Omega dan menghancurkannya.

Well, inilah The Power of Kepepet. Ups, mirip judul buku best seller. Tapi ya memang betul kan, kadang kita merasa enjoy dengan kondisi ala kadarnya. Namun ketika sudah merasa kepepet, kekuatan rasanya berkali lipat melesat dan membangkitkan semangat untuk berusaha😀

From → Review

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: