Skip to content

Gajah Mada, Pemimpin Hebat Tanpa Istri dan Keluarga

June 8, 2014

Hanya karena ngetwit “Gajah Mada adalah Maha Patih hebat yg membuat Majapahit mendunia. Dan selama hidupnya, dia tak menikah”, pendukung Prabowo berkesimpulan ini pembelaan untuk capres tanpa istri. Saya sendiri gak setuju kalo presiden mesti punya istri. Orang yg gagal memimpin keluarga, belum tentu gagal memimpin negara.

Terlalu kejam kalau kita mengeneralisir kemampuan seseorang dalam lingkup sosial dan pribadinya. Waktu masih jadi aktivis, saya kenal banyak kawan yg merupakan pemimpin organisasi. Kelihatannya garang, kelihatannya tegas, eh lah kok sama pasangan jauh berbeda.

Tapi terlalu riskan menyamakan Prabowo dengan Gajah Mada. Maha Patih itu sangat setia pada sumpahnya, Tan Amukti Palapa. Bahwa dia akan berpuasa dan pantang bersenang-senang termasuk menikah, sebelum bisa menyatukan nusantara.

Masalahnya, lidah politisi terlalu licin untuk dipegang omongannya. Apa betul Prabowo juga tipikal orang yg bisa dipegang omongannya?

Jokowi mungkin bisa dibilang berhasil mempertahankan rumah tangganya. Tapi dia adalah sosok yg mengingkari sumpahnya untuk memimpin Jakarta selama 5 tahun. Dari situ saja sudah dilihat bahwa dia khianat.

Lalu saya bela siapa? Tak ada. Sebab saya tak punya hak pilih😦

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: