Skip to content

Review Film How To Train Your Dragon 2 : Pemimpin Sejati Melindungi Warganya

June 15, 2014

Nonton film How To Train Your Dragon 2 ini pas banget timingnya bareng pilpres. Isinya tentang gambaran sosok pemimpin yg layak disebut Alfa. Bukan yang besar, bukan yang garang, tapi yg mampu melindungi warganya.

Dikisahkan bahwa Hiccup pergi bersama Toothless dengan maksud untuk membujuk Drago, si penakluk naga. Sebelumnya dia telah berbicara dengan Stoick, ayahnya, bahwa Drago bermaksud membunuh semua naga yang ada di desa Birk.

Stoick bereaksi keras dan memproteksi Birk. Dia tau betul siapa Drago, laki-laki kejam yg pernah membakar seluruh tetua adat pada masa lampau. Namun, seperti biasa Hiccup keras kepala dan tetap pergi.

Selama perjalanan, dia bertemu dengan penunggang naga lainnya yg ternyata adalah ibunya. Hiccup akhirnya tau alasan mengapa Valka meninggalkannya sejak masih bayi. Ternyata ibunya itu hidup bersama para naga dan melindungi mereka.

Stoick datang ke tempat itu untuk menjemput Hiccup pulang. Di sanalah dia bertemu dengan Valka, and… YOU KNOW WHAT??? My tears dropped when i watched the scene : Stoick said “You’re still as beautiful as when you left me”. How romantic!

Sang kepala suku pun berhasil membujuk istrinya itu untuk pulang ke Birk dan melanjutkan kehidupan rumah tangga mereka. Namun di saat momen itu berlangsung, serangan dari luar datang. Drago membawa naganya yg super besar, mengalahkan Alfa di tempat itu.

Naga Drago pun menjadi Alfa baru. Semua naga di tempat itu, tak terkecuali Toothless si Night Furry pun tunduk pada perintahnya. Toothless membunuh Stoick dalam kondisi ‘menerima perintah’.

Hiccup yang kalap mengusir Toothless. Para gerombolan Drago pergi ke Birk dengan membawa serta Toothless untuk menghancurkan desa tersebut.

Hiccup cukup terpuruk. Namun dengan semangat dari ibunya, dia pun percaya diri bisa mengalahkan Drago beserta naga Alfa-nya itu.

Mereka pulang ke Birk dengan mengendarai bayi naga. Adapun alasannya karena bayi naga tidak bisa dipengaruhi oleh Alfa. Maka, Hiccup dan teman-temannya tak perlu takut naganya akan ‘mengkhianati’ karena tunduk pada Alfa.

Ketika sampai di Birk, semua naga di wilayah itu sudah berada pada pihak Drago. Mereka mematuhi perintah Alfa. Dengan kesabaran, Hiccup membujuk Toothless dan dia berhasil.

Mereka pun bertarung melawan Alfa yg besar dan mampu menyemburkan es.

Ketika Hiccup diserang oleh Alfa, Toothless melindunginya. Di saat itulah punggung Toothless berwarna ungu. Dia terlihat sangat marah dan membabi buta menyerang Alfa.

Sang Alfa kepayahan. Dalam kondisi demikian, naga-naga lain kehilangan pengaruh Alfa. Mereka pun membantu menyerang Alfa bersama Toothless.

Dan.. Alfa kejam itupun kalah dengan kondisi culanya patah. Toothless berhasil. Kini, dia menjadi Alfa baru. Pemimpin kecil yg keganasannya luar biasa mematikan.

Siapa yang tidak tau Night Furry? Dia adalah naga terkejam!

Sekaligus… baik😀

Konklusi : Kebanyakan masyarakat hanya menjadi pengikut tanpa tau baik atau buruk pemimpinnya. Sama seperti dalam dialog film itu, “Setiap orang baik ketika dipimpin orang jahat, tanpa sadar dia akan digiring melakukan kejahatan”.

Pesan lain, jangan pernah meremehkan ukuran. Sebab yang kecil bisa saja menaklukan hal super besar😉

Overall, film ini keren. Benar-benar film fantasy yang seru. Ada unsur lucu, dramatis, romantis, dan juga agak menyedihkan. Rate 8/10😀

Note : Gerard Butler is one of my reasons to watch the movie. He’s cool !

From → Review

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: