Skip to content

Guru Ideal Di Mata Saya (Curhatan Seorang Siswa)

June 23, 2014

Menurut saya Guru adalah seseorang yang mengajarkan siswa pelajaran yang ada dalam sekolah, bukan hanya pelajaran yang ada disekolah saja guru juga mengajarkan kita bagaimana cara bersosialisasi yang baik dengan masyarakat sekitar, guru membina akhlak kita selain itu guru juga mengajarkan semua tentang bagaimana cara berperilaku baik dengan masyarakat diluar dan juga dengan orangtua dirumah. Karena guru begitu berpengaruh dimata para siswanya

Cara penyampaian atau mengajar guru terhadap siswanya sangat berpengaruh besar terhadap para siswanya. Dalam lingkungan keluarga, kita akan mengikuti perilaku orangtua, dalam lingkungan masyarakat kita akan mengikuti perilaku teman-temannya, sedangkan disekolah kita akan mengikuti perilaku guru kita.

Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Selain orang tua guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan siswa , Orang tua kita mempercayai guru untuk membimbing dan membina anak-anaknya, mereka yakin dengan adanya guru anak-anaknya bisa menjadi anak yang berprestasi, berhasil serta bisa menjadi anak yang menjadi kebanggaan orang tuanya.

Di jaman sekarang ini, banyak anak murid yang menganggap guru itu ngeselin, nyebelin, suka ngasih banyak tugas, suka menghukum kita kalau gak ngerjain tugas, ngasih remedial yang terkadang bikin kita pusing . Tapi coba kita pikir guru berperilaku seperti itu juga untuk kita dimasa depan, agar kita bisa tau mengenai banyak hal, agar kita berhasil di masa yang akan datang, guru menghukum kita karena tidak mengerjakan tugas agar kita belajar bertanggung jawab dan belajar disiplin.

Tanpa adanya guru mau jadi apa Negara kita? Tanpa adanya guru bagaiman kita bisa hidup bersosialisasi dengan masyarakat?Tanpa adanya guru, mungkin kita tidak mengerti apa-apa dan Tanpa adanya guru mungkin kita tidak bisa berdiri sampai sekarang ini.

“Guru Ideal” bisa disebut juga dengan guru yang baik atau guru dambaan murid-muridnya. Apa iru guru ideal? Menurut saya guru yang ideal itu guru yang bisa membimbing, mengarahkan, mengerti dengan apa yang diinginkan oleh siswanya, memiliki ketulusan dan keiklashan dalam memberikan kita ilmu, serta guru yang inovatif dan kreatif.

Seorang guru sebaiknya mengetahui sifat siswa-siswanya dan mempelajari bagaimana agar ia bisa dekat dengan siswa-siswanya serta membuat kita merasa nyaman dengan guru tersebut dan pelajaran yang diajarkannya bisa disukai oleh siswa-siswanya.

Guru yang baik itu menurut saya, guru yang menganggap siswa dan dirinya sebagai teman atau sahabat sehingga kita pun bisa cerita atau curhat mengenai masalah yang sedang kita alami, apabila siswa sudah merasa dekat dengan guru tersebut siswa pun akan menyukai pelajaran yang di ajarkannya dan juga ilmu yang diberikan mudah dipahami dan di mengerti.

Guru yang baik itu Mengajar dengan santai,santai dalam artian bukan tidak pernah memberi tugas,tidak pernah menjelaskan, siswa yang tidak mengerjakan PR diabaikan oleh gurunya “Santai” maksudnya ga monoton dang a terlalu terpaku sama buku, tidak membuat siswa tegang, tidak membuat siswa jenuh apalagi ngantuk dengan pelajaran yang diajarinya. Guru harus berwibawa di depan siswanya agar tetap disegani bukan ditakuti. Guru yang baik itu juga guru yang tau bagaimana menyampaikan pelajaran dengan baik dan bisa membuat siswa belajar dengan semangat.

Guru yang baik itu adalah guru yang senantiasa membimbing siswanya agar lebih baik ke depan. Yaitu selalu memberikan pelajaran-pelajaran atau masukan yang beguna dan bermanfaat bagi siswa. Guru yang baik itu juga bisa sebagai orang tua dan teman, selalu ada pada saat siswa membutuhkannya. Bisa menjadi teman tempat bercerita pada masalah yang sedang dihadapi siswanya.

Guru yang baik itu adalah guru yang selalu dengan sabar memberikan pelajaran kepada siswa walaupun banyak siswa yang belum mengerti dan memahami. Serta guru yang baik itu tidak pernah mengenal lelah demi mengajarkan siswa sampai benar-benar mengerti.

Guru yang baik itu, guru yang menilai kita dari kesungguhan kita dalam belajar, ke disiplinan kita, moral kita, sopan santun kita terhadap orang lain, perilaku kita, proses kita pada saat belajar. Bukan din ilai dari Nilai hasil akhirnya saja.

Guru yang baik itu guru yang tidak sekedar menjadi panutan, tapi jadi guru yang bisa dengerin keluh kesah kita. Guru yang gak cuman bisa ngomong “kerjain ini dan itu, cepet!” tapi guru yang ngomong “begini caranya, kalo belum ngerti Tanya lagi, nanti saya bantu”. Guru yang gak sekedar menjadi orang tua disekolah, tapi juga diluar sekolah.

Guru yang baik itu guru yang gak neko-neko, guru yang bisa membuat kita nyaman pada saat berada disampingnya, guru yang lurus sama pendapatnya, guru yang enak buat diajak curhat, buat diajak bercanda, guru yang bisa bikin ketawa pada saat kegiatan belajar dan lain sebagainya.

Guru yang baik itu guru yang ga pilih kasih sama siswanya mana yang dikelas lebih unggul dan mana yang dikelas yang kurang mampu mengikuti pelajaran, guru yang ideal itu harus bersikap adil terhadap siswa-siswanya tidak membanding-bandingkan antara siswa satu dengan siswa yang lainnya

Guru yang baik itu guru yang membantu kita, pada saat kita mengalami konflik terhadap teman sekelas kita, bisa mendamaikan pertengkaran atau pertikaian yang terjadi di kelas. Guru yang bisa menjadi motivator dan selalu memberi motivasi serta semangat terhadap siswanya.

Guru yang baik itu guru yang disiplin yang bisa bikin kita belajar dengan kedisiplinannya, supaya kita bisa taat sama peraturan yang udah berlaku. Guru yang ideal itu guru yang selalu menuntun siswa-siswinya untuk pergi ke jalan yang benar, mendidik siswa-siswinya menjadi orang yang lebih hebat dari dia.

Yang terpenting guru yang ideal itu guru yang memiliki tutur kata yang baik, dengan tutur kata yang baik siswa-siswi dapat mencontohnya, guru yang ideal itu guru yang pada saat menjelaskan atau menerangkan tidak menyinggung perasaan siswa-siswinya jangan sampai siswa-siswi merasa terpojok atau terkucilkan dengan perkataanya.

Guru memberikan ilmu kepada kita, mengajari kita, dengan sabar dan iklash. Maka dengan itu guru sering disebut dengan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” hormatilah gurumu, seperti kamu menghormati orang tuamu sendiri.

Dari salah seorang siswa saya, Amel XI AP🙂

From → Education

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: