Skip to content

Kurikulum 2013 : Daripada Diratapi, Lebih Baik Beraksi

August 24, 2014

Hampir setiap hari membaca keluhan kawan-kawan yg berkecimpung di dunia pendidikan. Kurikulum 2013, peninggalan M.Nuh ini dinilai cacad dan prematur untuk diterapkan.

Memang betul. Terlihat betapa waka kurikulum di sekolah saya rasanya teler menghadapi absurditas kebijakan dunia pendidikan ini.

Awalnya saya pun begitu. Silabus ora ono, RPP juga bingung karena masih gak jelas semua. Tapi pengalaman akreditasi kemarin memberikan pencerahan luar biasa.

Tak perlu berpusing pada apa maunya sistem, tapi bagaimana kita bisa menciptakan suatu pembelajaran yang berguna untuk siswa itu sendiri.

Kalimat yang terngiang dalam benak saya adalah “Kurikulum 2013 bertujuan membuat siswa punya mental dan sikap yang baik”.

Oke, jelas sudah. Setiap apa yang mereka kerjakan harus dinilai. Jadi, skornya based on process. Not the result.

Sebetulnya cukup berat karena untuk membuat sikap dan mental seseorang menjadi baik, si pengubah pun harus baik. Sebab tak mungkin elang menetas dari telur ayam. Begitulah.

Saya mengadopsi cara tutor bisnis dalam memberikan materi. Mencoba memancing mereka berpikir dan bertindak lebih banyak dibanding hanya mendengar dan mencatat.

Hasilnya agak lumayan. Sesuai apa yang asesor bilang, anak harus memperoleh manfaat dari proses pembelajaran. Mereka bukan botol-botol yang akan kita isi, namun mereka adalah manusia berakal yang hanya perlu kita rangsang dan gali kemampuannya.

Jadi daripada pusing memikirkan ‘prasasti’ menteri pendidikan teraneh sejagad, lebih baik buat aksi di kelas untuk generasi penerus bangsa😀

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: