Skip to content

Posisi Orang Berilmu vs Orang Kaya

September 7, 2014

Dalam sejarah dunia, orang berilmu derajatnya lebih tinggi dibanding orang kaya dan berkuasa. Lihatlah Aristoteles yang menjadi penasehat Alexander Agung, atau Semar yang menjadi ‘tukang momong’ sekaligus guru bagi Pandawa.

Apa yang guru mereka ucapkan, pasti mereka dengar. Bahkan masukan dari gurunya mempengaruhi banyak kebijakan dan keputusan yang diambil selama berkuasa. Jadi, lebih hebat siapa? Gurunya toh?😀

Dalam agama Hindu, para orang berilmu ini masuk kategori Brahmana. Lebih tinggi dari golongan kesatria yang kaya dan berkuasa. Dalam Islam, Allah juga telah menjanjikan derajat yang lebih tinggi kepada orang berilmu.

Orang-orang berilmu yang masuk kategori brahmana di atas tak hanya pandai dalam pengetahuan, melainkan harus arif dan bijaksana pula. Kalau banyak tahu saja bisa kita pelajari. Namun menjadi bijaksana, nafsulah yang mesti dikalahkan.

Dan sesungguhnya tulisan ini hanya sebagai perenungan. Menjadi guru di sekolah bisa jadi dianggap ‘Aristoteles’ oleh murid. Namun jika kebutuhan batin dan rohani tak tercukupi oleh lembaga, sepertinya saya mau jadi orang kaya saja lalu mendirikan sekolah sendiri. Bukan hanya ilmu yang diberi, tetapi juga penghidupan bagi para guru dan karyawan nantinya😀

Note : penghidupan yang layak.

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: