Skip to content
Tags

Ketika Alquran Mengutuk Pembacanya

October 6, 2014

Alquran terdiri dari rangkaian huruf hijaiyah. Jika dibaca benar, pahala bagi pembacanya. Namun jika dibaca dengan cara yang salah, justru Alquran mengutuk pembacanya. Mengerikan ya? Pantaslah ketika tadarus haruslah dengan tartil. Sesuai tanda baca (makhraj), dan jelas.

Ilmu ini juga baru saya dapat. Pernah saya baca At Taubah atau surat apa, yang arti ayatnya demikian “Janganlah kamu membaca Alif-Lam-Mim dengan alif lam mim, namun harus satu rangkaian”. Nanti saya buka lagi quran terjemahan untuk membuka ayatnya.

Nah dari ayat itu, ternyata mengandung makna bahwa tiap huruf hijaiyah dalam alquran mempunyai khodam. Apa itu khodam?

Khodamnya alquran adalah pendamping berupa malaikat. Beda loh sama khodam yang diperoleh dengan ritual kebatinan lainnya. Kebanyakan justru jin yang menjadi khodam. Makanya, para ahli ibadah dan pengamal alquran biasanya mempunyai keistimewaan atau karomah tersendiri.

Agaknya ini juga menjelaskan pada saya. Jadi saya tiap kali baca surat yang sudah dihafal, saya gak pernah perhatikan makhraj lagi. Asal tabrak aja. Hasilnya ya memang hati gak plong, kemrungsung. Padahal harusnya tenang dan lega. Namun setelah mempraktekkan membaca dengan tartil, alhamdulillah ngefek ke jiwa dan raga.

Insya Allah saya carikan sumber sahih mengenai hal ini karena guru saya juga belum ngasih sumbernya. Atau mungkin silakan dikoreksi jika ada kesalahan🙂

From → Spiritual

Leave a Comment

Leave a Reply

