Skip to content

Mushaf yang Terlupa

November 2, 2014

Sebulan yang lalu aku bertekad membeli mushaf beserta terjemahan. Tak begitu besar, sebab agar bisa dibawa dan dibaca di manapun. Seiring berjalannya waktu, kira-kira setelah punya gadget baru, mushafku telah jarang ku buka. Aku lebih asyik berselancar di dunia maya, membaca artikel ini itu dan berkomentar di sosial media.

Tak terasa, beberapa hari ku lalui tanpa membacanya. Aku lupa. Lebih tepatnya, mengabaikan. Padahal mushaf itu ku beli ketika kondisi keuanganku sedang terpuruk. Ketika aku menemukan banyak orang yang mau mendengarkan masalah, tapi hanya sedikit yang betul-betul bisa membantu.

Aku sengaja membelinya. Meski tak masuk komunitas ODOJ ( One Day One Juz) jumlah bacaanku sehari bisa lebih dari satu juz. Aku optimis, kalau tak terpotong waktu haid, dalam sebulan pasti sudah khatam bacaanku.

Ternyata semuanya berbeda. Sebulan lewat, quranku masih separo yang tertinggal. Terlalu lama aku mengabaikannya. Dan di hari minggu ini, aku memasuki titik jenuh. Tiba-tiba aku ingat mushafku. Betapa aku telah menelantarkannya.

Setiap hari aku selalu membawanya ke manapun. Dulu, aku membacanya di setiap kesempatan. Ku buka ketika sedang di angkot, di sekolah, sedang mengajar, bahkan di mall. Dan ingatanku menembus beberapa waktu terakhir yang jauh lebih banyak ku habiskan untuk main game atau sosmed.

Sebetulnya aku masih belajar juga tentang agama melalui hape. Namun karena alasan itu, aku melupakan mushafku. Mushafku yang kecil, obat hatiku di segala situasi. Aku tak sedang kolaps. Kondisiku sekarang baik-baik saja

Lebih baik begini, daripada aku ingat mushafku ketika sudah mendapat musibah sedemikian berat. Mushafku, obat hatiku untuk membaca kalam-Nya.

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

