Skip to content

Anak Jaman Sekarang : Hujan Jadi Alasan Bolos (Sebuah Kritik)

January 27, 2015

Entah ini tabiat anak jaman sekarang atau hanya di kota tempat saya tinggal. Kedekatan saya dengan beberapa remaja usia sekolah, menjadikan saya tau kebiasaan mereka : bolos sekolah ketika hujan.

Lalu saya ceritakan pengalaman saya selama menempuh pendidikan. Dulu, saya juga mengalami hujan deras tiada henti. Bahkan daerah dekat sekolah sempat tergenang air. Padahal, notabene tempat kami masih banyak tanah dan pepohonan. Hal itu tanda bahwa air yang turun luar biasa banyak dan berhari-hari tiada henti.

Namun apakah kami, pelajar kampung bolos sekolah? Tidak! Walau seragam harus basah, sepatu pun basah tergenang air, kami tetap pergi ke sekolah. Soal jarak, ba’da subuh sudah bersiap sekolah.

Justru kami malu kalau bolos sekolah. Guru kami tetap masuk semua meski berbasah-basah. Tertinggal satu hari pelajaran saja rasa sesalnya bisa berlangsung seminggu. Lah kok ini anak sekarang dengan mudahnya bilang “Ya udah kalo ujan mah bolos aja”.

Maka nasehat pun hanya jadi nasehat. Tapi semoga kelak, nasehat itu bisa menjadi tetes air yang membasahi tanah gersang.

Walau terlambat..

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: