Skip to content

Semua Kesalahan Ada Pada Kita

January 31, 2015

Kalau sampai tua kita belum mendapat jodoh, atau lama menikah tak kunjung juga mendapat anak, mestinya instrospeksi diri. Dosa apa yang kita perbuat sehingga menghalanginya.

Jika memang sudah kita temukan salahnya, kita istighfar dan taubat namun tak juga diberi, berarti Allah ingin menyayangi kita. Menjadikan kita hamba yang senantiasa bersabar dan ikhlas atas ketentuan-Nya.

Nrimo ing pandum.

Itulah yang susah, sebab hati adalah bagian yang senantiasa digoncang badai keraguan, keputusasaan, dan kekufuran. Kadang hanya bisa bertanya “Mengapa?” tanpa mau berpikir. Padahal alquran saja banyak tertulis perintah berpikir.

Perenungan, tafakur, atau muhasabah diri memang agak sulit. Sebab mata ada di depan, jumlahnya pun dua. Sedangkan hati hanya ada satu, letaknya pun tersembunyi. Tak semua mampu menembus apa hikmah di balik kejadian.

Tapi percayalah, Allah selalu memberi petunjuk bagi orang yang mau berpikir. Rajin puasa, makan yang halal, hindari perkataan kotor, dan jangan mengambil hak orang, insya Allah akan membuat hati menjadi lebih jernih.

Kemampuan ilmu hikmah biasa dimiliki para nabi, wali, dan orang yang senantiasa dekat dengan Allah. Tetapi kita pun bisa melatihnya sedikit demi sedikit dengan cara di atas.

Orang jaman dulu sering melakukan tirakat dan semedi untuk mendapat petunjuk. Bahkan Rasulullah pun melakukan semedi atau mengasingkan diri di gua Hira untuk menemukan jawaban atas segala kemelut yang terjadi di kala itu.

Ketika kita mau menggunakan akal untuk berpikir dan hati untuk menerima petunjuk, Insya Allah, hikmah hidup akan mudah kita tangkap maknanya.

From → Spiritual

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: