Skip to content

Panggilan Alam untuk Jiwa yang Lelah

March 25, 2015

Tempat nongkrong favoritku selama di Karawang adalah di kuburan, bawah pohon randu. Lokasinya tepat di belakang rumah ibuku. Jiwaku serasa tertarik pada masa kecil, ketika aku bermain dengan sahabatku.

Kami suka ke mencari tanah liat di sawah untuk dibentuk menjadi bahan kerajinan, menangkap ikan di sungai, memanjat pohon, dan mencari kumbang di hutan pribadi milik keluarga sahabat masa kecilku.

Aku menikmati setiap petualangan kami. Pernah kami bermain menyusuri hutan bambu yang rimbun dan dihadang ular yang melintang. Kata orang kampung, ular itu jelmaan siluman. Ah pastinya itu hanya akal-akalan orangtua agar anaknya tak main terlalu jauh.

Namun, jiwa adolosense kami begitu asyik menyusuri setiap lekuk desa. Sering kami diomeli ketika pulang ke rumah dengan baju kotor. Bahkan, almarhum nenek pernah menghadiahiku sebuah pecutan karena main sampai hampir maghrib.

Ya, maghrib adalah batasan sakral untuk bermain. Sesiapapun yang berada di luar rumah ketika maghrib, bisa dipastikan dia anak nakal.

Setidaknya, begitulah stigma yang melekat di kampungku.

Saat ini, jiwaku pun sedang dipanggil pulang. Setiap malam, aku selalu memimpikan kampung halaman dan keluargaku di sana. Sebetulnya aku enggan, sebab ketika aku di sana, hatiku tak kuasa menahan kesedihan atas kepergian nenekku beberapa bulan yang lalu.

Aku belum sanggup.

Maka aku lebih memilih memuaskan kerinduan jiwaku pada alam dengan cara yang lain. Seperti sekarang, duduk di bawah pohon yang menaungi kuburan. Setidaknya ada dua keuntungan yang ku dapat. Pertama, aku bisa merasakan gemerisik angin membuai alam. Dan yang kedua, aku bisa mengingat mati.

From → Mama Speaks, My story

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: