Skip to content

Bagaimana Jika Gurumu Sekarang Dulunya Murid Paling Bandel di Kelas

April 12, 2015

Wajah guru fisika itu sendu, matanya merah berurai air mata. Kami puas melihatnya. “Makanya, jadi guru jangan sok galak. Sok ngatur-ngatur”.

Begitulah, aksi kudeta di kelas berjalan mulus. Sebabnya sederhana, guru fisika kami yang baru beberapa minggu mengajar, dengan teganya memberi ulangan di saat kami belum siap.

Sebetulnya memang kami yang salah. Guru kami sudah memberi tahu akan ada ujian seminggu sebelumnya. Gejolak pemberontak telah menutup kebenaran. Kami seringkali protes belum paham, tetapi ibu guru kami tetap melanjutkan pelajaran tanpa mau mengulang.

Termasuk materi yang akan diujikan hari itu.

Satu persatu kami meninggalkan kelas. Hanya ada empat orang yang tinggal dan tetap mengerjakan ulangan. Kami di luar kelas teriak-teriak tak mau tenang. Biarlah, biar kapok guru itu dan berhenti mengajar di kelas kami.

Keesokan harinya, kami sekelas disidang wali kelas. Ah, betapa kami segan dan cinta kami pada wali kelas. Suaranya tetap lembut walau sedang marah.

Wali kelas bilang, dikarenakan ulah kami, ibu guru fisika tak mau lagi masuk. Maka kami pun tergerak meminta maaf. Pasukan yang tadinya pembangkang berubah menjadi penuh sesal. Kami patungan beli kue dan menyiapkan spanduk.

“Kami minta maaf, Bu”

Berbondong-bondong kami datang ke rumahnya dengan membentangkan spanduk untuk ibu guru. Sampai di depan rumah, kami disambut dengan tangisan. Namun kali ini tangis haru.

Sejak saat itu, ibu guru mengajar dengan sabar. Tak lagi cuek ketika muridnya belum paham. Dan sejak saat itu pula, tak ada lagi pemberontakan di kelas kami.

Kini, sebagian murid pemberontaknya itu telah menjadi guru. Maka pelajaran di masa lalu pun telah kami jadikan pedoman yang baik menghadapi murid.

From → Mama Speaks, My story

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: