Skip to content

Mau Puasa Sunah? Ingat Dulu Satu Hal Ini

April 15, 2015

Sekarang mulai ramai broadcast tentang puasa Rajab. Sayangnya, isinya ngawur. Ada yang bilang “Nanti malam bulan Safar blablabla”. Padahal jelas-jelas bulan Safar sudah lama lewat.

Broadcaster mungkin maksudnya baik, ingin berbagi pengetahuan sekaligus mengingatkan. Toh dalam Islam memang seharusnya kita berbagi dan saling menasehati untuk berbuat kebaikan.

Tapi dan tapi.. Yang menyebalkan adalah kurang adanya kroscek. Asal comot hadis lalu diklaim “Kalau nanti begini, akan begitu”. Seperti bulan Safar tadi, broadcaster kurang teliti bahwa sekarang Jumadal Tsani. Itupun waktu dikritik dia lebih pedas membalas hahaha xD

Pernah ada yang share tentang hadis, lalu saya tanya “Itu shahih gak?”. Orangnya tak bisa jawab. Lalu untuk apa share kalau tak bisa jawab?

Begitupun puasa Rajab. Mengenai hadisnya, saya belum menemukan yang shahih. Tapi jangan hanya berpatokan dari internet untuk mencari hadis, tanyakan pada ustadz atau ulama. Sebab mereka lah sumber ilmu yang bisa dipertanggungjawabkan, bukan tulisan dari penulis yang tak kita ketahui latar belakangnya.

Yang lebih penting, sebelum puasa sunah baiknya bayar (qadha) dulu semua hutang puasa ramadhan. Karena bagaimanapun juga, kita harus mendahulukan yang wajib dibanding yang sunah🙂

Dan semoga lebih berhati-hati dalam share sesuatu yang sumbernya tak jelas. Minimal kroscek dulu.

Semoga bermanfaat

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: