Skip to content

Setidaknya, Kau Anggap Aku Teman

May 1, 2015

Mengaku teman saja sangatlah mudah. Tak akan sedemikian mudah jika kau diminta pembuktian. Bisa saja kau bilang aku temanmu, tapi janjimu saja sudah tak pernah singgah di benakmu.

Tapi biarlah, toh ingkarmu membuatku tau rasanya sakit. Maka aku tak pernah lagi mudah berjanji. Lebih baik langsung memberi tanpa sumpah. Lebih baik bergerak sendiri tanpa harus menunggu diminta. Sebab membuat orang lain berharap amatlah menyedihkan.

Pilu baginya.

Menjadi baik itu susah. Setidaknya kau bukan teman yang melukaiku dengan kata-kata. Tak seperti mereka yang menerkamku hingga terkoyak. Sampai sekarang pun sulit untuk melupakan busuknya mulut yang pernah menginfeksi hati ini.

Aku tau ini buruk. Aku lebih suka meredam amarah dibanding meluapkannya. Mungkin karena itulah mereka pikir aku lemah dan mudah ditindas.

Kau tau? Salah seorang dari mereka pernah sebegitu membuatku teramat sakit. Hingga suatu hari dia datang padaku, memohon bantuanku.

Namun apa daya, pedih hati ini mengingatnya. Maka aku pun menolongnya.

Hanya sedikit, sebab aku tak kuasa bertemu. Aku tak sanggup melihat wajah yang dulu begitu senang menertawakanku. Ikut mengkerdilkanku.

Aku tak ingin membalas. Pun ketika salah satu dari mereka merasa terintimidasi karena sekarang aku lebih unggul di atasnya. Tetapi kalau dia mau tau, apa yang ku peroleh adalah bekas sakit hati yang ku rasa.

Apalah artinya berkubang dalam lingkar kemelaratan. Hanya semerbak busuk yang dirasa, menyeruak dari perut-perut kelaparan melalui mulut tajam mereka.

Maka sekali lagi aku berkata, kau hanya melupakan janjimu. Tapi tak pernah menyakitiku.

Ah pernah, dulu. Tapi sudah ku lupakan. Karena nyatanya sumpah serapahmu padaku justru kau lakukan sendiri. Kau hinakan dirimu dengan sengaja.

Dan tetaplah sebut aku sebagai teman, setidaknya itulah alasanku bertahan baik padamu.

From → Mama Speaks, My story

Leave a Comment

Leave a Reply

