Skip to content

Tips Mengatasi Kekurangan Diri Menjadi Sebuah Kekuatan

May 5, 2015

image

Kemarin adalah hari yang cukup panas. Bukan karena cuaca, melainkan cerita orang di depanku.

“Namanya orang kalo punya suatu kekurangan, ya sadar diri dong jangan coba-coba. Bodoh namanya kalo tau gak bisa ngitung, nyari kerja yang berhubungan sama itungan”, ucapnya menggebu-gebu.

Dia sedang menceritakan adik iparnya. Pikiranku sendiri berkelana, membayangkan diriku yang dulu dan sekarang.

Setiap manusia itu hebat asalkan mau berubah. Dulu waktu SD aku suka matematika. Ketika di bangku SMP aku benci karena ucapan guru matematikaku yang mengatakan aku bodoh.

Sampai kuliah mendekati semester akhir, aku tetap benci angka. Tapi aku bukan manusia yang suka terpuruk. Di akhir perkuliahan, aku memutuskan mengambil skripsi kuantitatif yang cenderung berhubungan dengan angka.

Lalu ketika aku mulai mengajar privat, semua request yang masuk padaku adalah matematika. Maka, mau tak mau aku mempelajari lagi matematika. Dan nyatanya aku bisa CLBK pada matematika.

Matematika sekarang adalah sumber penghidupanku.

Tentunya ditambah plus plus lainnya. Sebab selain bisa mengajar matematika, akupun menguasai Bahasa Inggris dan pelajaran lainnya. Itulah sebabnya banyak orangtua murid mempertahankanku untuk tetap mengajari anaknya.

Kalau saat itu aku tak mau berubah, sampai sekarang pun aku masih phobia angka. Bahkan dulu aku juga benci anak-anak. Nyatanya, sekarang anak-anak mencintaiku dan aku pun mengajar mereka dengan sayang.

Tuhan selalu mendekatkan pada apa yang kita benci agar kita bisa cinta. Bisa jadi itulah jalan terbaik untuk kita. Seperti quote favoritku dari Imam Ghazali, “To have what we love, we have to accept what we hate”.

Maka mulai sekarang, apapun kekurangan dan kelemahan kita sebaiknya diperbaiki. Kalau masih saja tak bisa, berfokuslah pada kelebihan. Setidaknya itu akan mengurangi stres dan membuat kita lebih mencintai diri sendiri dan lebih… Bersyukur🙂

Jadi, apa yang disampaikan temanku kemarin agaknya masih bisa dikoreksi. Kalau kamu mau masuk pramugari tapi tinggimu kurang, mungkin itu adalah hal yang tak bisa diubah. Tapi kemampuan dan skill? Semua orang sanggup menguasainya asalkan mau.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

