Skip to content
Tags

,

Nikah atau Tidak, Sama Saja

April 14, 2016

Beberapa hari sebelumnya, teman lamaku berkunjung. Dia bercerita bahwa salah satu teman kami telah cerai dari suaminya. Aku kaget, mengapa banyak sekali temanku yang cerai.

Sudah beberapa orang yang aku tau berpisah dari suaminya. Mereka ini dulunya nikah muda, ada yang lulus sekolah dan ada juga yang masih duduk di bangku sekolah.

Lain halnya dengan temanku yang sudah menikah. Aku melihat mereka sering pusing memikirkan kebutuhan rumah tangga. “Ngandelin suami aja gak bakal cukup”, begitu kilahnya.

Pun ketika aku melihat temanku yang juga sudah memiliki anak, nampaknya tak selalu bahagia. Sering aku melihatnya iri terhadap kehidupan kami yang masih lajang. “Kalian enak, masih bebas. Aku mau keluar aja mesti ijin suami. Belum lagi, ada anak yang mesti diurus”.

Padahal, teman-temanku yang masih lajang pun tak kalah galaunya. Tuntutan orangtua yang kadang meminta atau menanyakan kapan mau nikah membuat hati terkadang risau. Kapan? Hanya Tuhan yang bisa jawab.

Maka sebetulnya, menikah atau belum sama saja. Kita tetap diuji dalam berbagai kondisi, apakah tetap bisa bersyukur atau tidak. Pada penciptaan manusia, Allah memberi kemarau 40 hari dan hujan 1 hari. Yang artinya, hidup lebih banyak ujian dibanding kesenangannya. Bahkan dalam bahagia pun tetap ada ujian.

Orang Jawa bilang “Urip iki sawang sinawang”. Apa yang nampak di mata, kadang tak sesuai kenyataan. Bisa jadi yang terlihat bahagia sebetulnya punya masalah, hanya saja tak pernah ditampakkan atau dikeluhkan.

Allah Ta’ala berfirman:
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّى نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنْكُمْ وَالصَّابِرِينَ

“Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kalian.” (Muhammad:31)

Semoga kita tetap bisa bersyukur dalam kondisi apapun. Sebab nikah atau tidak, sama saja ujian hidupnya. Hanya beda jenis dan level sesuai kadar keimanan masing-masing🙂

*Untuk teman-temanku yang masih menanti jodoh. Semoga tetap semangat!*

From → Mama Speaks, My story

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: