Skip to content
Tags

,

Maharku Ganti Mas, Al Fatihah Aja

April 24, 2016

image

Beberapa waktu lalu ngetren mempelai wanita minta mahar Ar Rahman, sampai temanku bilang, “Si itu suruh baca Ar Rahman aja. Pasti greget”. Tapi aku tak mau.

Dulu pernah aku ingin dibacakan Al Ikhlas 3x sebagai mahar. Sebab aku ingin maharku mudah dan tak memberatkan calon suami. Lalu akhirnya, aku terpesona pada Al Fatihah. Mungkin kesannya agak labil, karena ‘berubah haluan’ hehe. Tapi, aku punya pertimbangan khusus.

Pertama, Al Fatihah selalu dibaca dalam sholat. Bahkan menjadi salah satu rukun sholat. Makanya, aku ingin diberi bacaan yang tidak memberatkan, tapi tetap spesial. Maksudnya, tidak terlalu panjang dan mudah bagi calon suami.

Kedua, Al Fatihah sering dibacakan jika ingin berdoa untuk orang yang sudah meninggal. Terlepas dari bid’ah atau tidak (tergantung prinsip masing-masing), ini menandakan Al Fatihah merupakan surat yang cukup istimewa dalam Al quran. Jadi, gak ada salahnya dong kalau aku juga minta dibacakan sebagai mahar?😀

Ketiga, karena Al Fatihah merupakan rukun shalat, aku ingin calonku juga memahami artinya. Agar ia semakin khusuk dalam mengerjakan shalat. Sebab aku pernah baca salah satu cara agar khusuk dalam salah adalah mengerti apa yang kita baca.

Keempat, karena aku terpesona ketika membaca ayat berikut “Dan kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al quran yang agung (Al Hijr : 87)”.

Nah, karena keistimewaan-keistimewaan di atas lah, aku memutuskan untuk mengganti maharku. Al Fatihah!😀

*Fyi : Pada prakteknya, calon tetap memberikan mahar lain sebagai penghormatan sekaligus bukti cinta😀

From → Mama Speaks, My story

Leave a Comment

Leave a Reply

