Skip to content

Cara Mengatasi Kucing Sakit dan Susah Makan

February 27, 2018

Memiliki dua kucing yang pernah sakit membuatku punya pengalaman baru. Kemarin sore, Yuki, salah satu kucingku pulang dalam keadaan kurus dan kotor. Karena aku ingat dia belum makan sejak siang, akhirnya aku memberinya setengah ekor pindang. Tetapi, Yuki tidak mau makan. Akhirnya aku membiarkannya dan mengajar dulu di ruang depan.

Habis maghrib, ku tengok lagi keadaannya. Aku semakin prihatin karena badannya kurus kering. Terbersit lah untuk memberinya susu. Tak diminum juga. Aku semakin bingung. Aku takut Yuki mati.

Dengan langkah begitu pelan mirip nenek-nenek usia lanjut, Yuki berjalan ke arah kursi dan menggelungkan tubuh di sana. Dia tertidur. Aku pun kembali berurusan dengan anak-anak yang mau ngaji di ruang depan.

Ba’da Isya, aku melihat Yuki dan ku paksakan dia harus makan. Memang, aku telah memberinya makan ketika pagi hari. Namun, siang dan sore dia belum makan sama sekali. Apalagi, paginya dia masih terlihat sehat. Aku tak tau mengapa Yuki seperti itu. Ekornya berminyak dan tubuhnya kotor. Sejak pagi dia main dan sorenya baru pulang. Nakal kah engkau di rumah tetangga, Yuki? Karena aku tau ada tetangga yang membenci kucing dan tak segan-segan melemparinya dengan batu.

Aku pun mengambil sedikit pindang. Ku remas menjadi bagian kecil-kecil, lalu ku sodorkan pada Yuki menggunakan sendok. Alhamdulillah! Kucing kampung yang baru dua bulan ini akhirnya mau makan.

Satu sendok habis, ku tambahkan lagi sesendok penuh ikan. Dan seterusnya hingga habis setengah ekor ikan pindang berukuran sedang.

Saat aku keluar kamar jam 10an malam, Yuki sudah terlihat sehat. Dia sudah bisa berlari menyambutku seperti biasanya. Aku senang. Bahkan pagi ini, jam 4 pagi ketika aku bangun Yuki sudah berlari dan mengeong minta makan.

Cara ini sebetulnya sudah ku lakukan juga pada Tom, kucing mix hasil hibah dari orang. Pada saat ku bawa, kucing berwarna abu-abu perak ini dalam kondisi mencret dan tidak mau makan sama sekali. Akhirnya ku suapi remasan pindang sama seperti yang ku lakukan pada Yuki.

Alhamdulillah, atas ijin Allah kucingku bisa sehat lagi. Makannya lahap, dan badannya menjadi gemuk. Semoga tips ini bermanfaat 😊

Advertisements

From → Info

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: