Skip to content

COD dalam Jual Beli Online, Ujian dalam Penantian

February 28, 2018

Berbicara soal kegiatan jual beli online memang sudah kerap dihubungkan dengan aktivitas ketemuan di suatu tempat atau yang biasa disebut COD. Tapi aku sendiri tipikal orang yang kurang suka COD karena bisa merugikan pembeli maupun penjual. Mengapa? Baiklah, akan ku bahas.

Di dunia ini, kegiatan menunggu adalah hal yang paling membosankan. Memang sih, kita bisa menyelingi dengan membaca buku, alquran, dzikir, atau apapun. Iya, kalau cuacanya cerah. Kalau pas gerimis atau hujan? Belum lagi, salah satu pihak terlambatnya lama.

Ketika COD jam 8 misalnya. Tidak semua pihak sampai di tempat tepat waktu. Ada yang sudah datang sebelumnya, ada juga yang molor hingga hampir satu jam.

Aku pernah di semua kondisi. Pernah begitu awal karena tak ingin terlambat, pernah pula begitu telat karena terjadi hambatan di jalan. Dari keterlambatan itu terbitlah penyesalan. Sebab aku telah mengecewakan pembeli dengan membuatnya menunggu lama. Meskipun, kebanyakan bilangnya “Gakpapa, mbak”. Tapi ada ketakutan tersendiri akan berkurangnya berkah.

Begitupun ketika aku menjadi pihak yang menunggu. Ada orang pernah janjian dengan kami. Katanya sudah otw, ditunggu hingga sejam lebih tak kunjung datang. Selidik punya selidik, dia baru berangkat setelah ku kabari, “Kami udah sampe.” Gila gak?

Yah, bagaimanapun juga, COD menjadi salah satu syarat mutlak sebuah online shop dikatakan kredibel, katanya. Tentu, jika kedua pihak bisa sampai di lokasi sesuai dengan kesepakatan.

Nah masalahnya, dalam sehari kami bisa antar pesanan popok bayi ke beberapa pelanggan. Jaraknya pun tak selalu dekat. Tak bisa dipastikan bisa COD jam sekian-sekian. Untuk itulah aku dan suami memilih mengantarkan ke rumah pembeli, sehingga tak perlu ada pihak yang terlalu menunggu. Cukup duduk manis di rumah menanti kedatangan kami 😀

Advertisements

From → Mama Speaks, My Words

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: