Skip to content

Mau makan? Cek Dulu Sertifikat Halalnya

April 19, 2018

Ada yang kayak saya mak? Tiap mau makan di resto junk food suka cek dulu punya sertifikat halal atau gak. Alhamdulillah kali ini yang diinginkan punya sertifikat halal. Sip, gak ragu beli πŸ˜„πŸ‘ Bagaimanapun juga, kehalalan makanan harus diperhatikan agar doa kita bisa terijabah. Untuk anak-anak agar menumbuhkan gen baik, mudah solat, ngaji, dsb.

Aku pernah baca atau entah dengar ceramah. Dulu, Rasul main ke rumah salah seorang sahabat. Dia melihat anak sahabat itu berani naik ke kepala ayahnya. Rasul pun bertanya “Mengapai anakmu begitu wahai fulan?”

Si fulan selaku bapak si anak pun menjawab “Ya Rasul, saat istriku hamil, aku pernah memberi istriku sebutir kurma yang ku ambil di kebun orang tanpa ijin.”

Nah, jelas kan? Mengambil milik orang tanpa ijin adalah perbuatan terlarang. Kurmanya jadi haram dimakan meskipun aslinya halal. Sebab cara memperolehnya tidak baik. Dan istimewanya orang beriman, Allah akan menampakkan dosa yang pernah dilakukannya lewat perilaku buruk orang di dekatnya. Bisa juga dengan berkurangnya kadar kenikmatan beribadah.

Kita kadang tidak begitu peduli. Anak minta apa dibeliin. Tanpa cek dulu halal atau tidak. Padahal Allah telah memerintahkan dalam Alquran agar kita harus makan yang halal dan thoyyib.

Makanan halal bisa mempermudah kita untuk beribadah dan salah satu sebab terkabulnya doa. Sedangkan makanan thoyyib alias baik akan membuat tubuh kita sehat. Apa sih maksudnya? Contoh : sayur asem adalah makanan halal dan thoyyib karena bergizi. Tapi kalo dimakan keesokan harinya, sayur itu berubah tak lagi thoyyib. Kandungan gizinya sudah rusak. Jadi sebaiknya jangan dimakan.

Semoga kita menjadi hamba-Nya yang senantiasa memperhatikan apa yang kita makan dan kita peroleh. Baik itu cara mendapatkan, jenisnya, ataupun cara memasaknya.

Advertisements

From → Education, Info

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: