Skip to content

Mengapa Daya Tahan Ibu Hamil Lemah?

April 19, 2018

Selama hamil kedua ini, aku sering sakit. Entah demam, pusing, batuk, atau pilek. Mendapatkan kondisi sakit-sakitan setelah sebelumnya sangat sehat membuatku tak nyaman. Aku pun mencari tau mengapa daya tahan ibu hamil sangat lemah.

Saat mencari dengan keyword bahasa indonesia, yang keluar justru hasil pencarian mengerikan. Banyak artikel membahas bahwa demam pada ibu hamil itu berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan keguguran. What?? Apa-apaan ini. Aku sampai panik dan segera berobat. Setelah itu, aku mencari tau dengan keyword bahasa inggris.

Hasilnya sangat menggembirakan. Alasan mengapa tubuh ibu hamil rendah imun adalah agar tidak terjadi keguguran. Bagaimanapun juga, segala sesuatu yang berasal dari luar tubuh akan dianggap sebagai benda asing. Jika sistem ketahanan tubuh seseorang itu bagus, maka semua benda asing yang ada dan masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan. Termasuk janin.

Hal di atas mengingatkanku pada pembahasan di sebuah grup pola makan sehat. Ku sebut saja ya, namanya ketofastosis 😄 Pada artikel yang ditulis di grup, dijelaskan bahwa tubuh manusia punya sistem imun alami. Jika orang itu imunnya bagus, maka dia akan sehat sepanjang hidupnya dan tak akan ada yang namanya penyakit tumor atau kanker. Sama seperti Nabi Muhammad yang hanya dua kali sakit selama hidupnya. Nah, untuk mendapatkan dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, salah satu usahanya adalah dengan mengubah pola makan.

Aku tak akan menjelaskan panjang lebar soal pola makan tersebut. Kembali ke bahasan kehamilan, Allah telah menganugerahkan ibu hamil dengan daya tahan tubuh lemah salah satunya agar sistem imun tidak serta merta melawan keberadaan janin. Sehingga, amanah ilahi untuknya bisa terus hidup dan berkembang hingga lahir. Di satu sisi, aku memandang segala kepayahan saat hamil sebagai bagian pengurang dosa. Semoga.

Jadi, wajar jika ibu hamil mudah sakit 😄

Advertisements
Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: