Skip to content

Konsekuensi Memberi Nama SALAH pada Anak

May 6, 2018

Di tengah suasana mabok segala macam penyedap rasa, suami tiba-tiba tanya “Yaang, apa artinya SALAH dalam bahasa inggris?” Ku jawab singkat sambil pencet-pencet tengkuk, “Wrong lah”. Bukan itu, ini ada pemain bola namanya Mohammad Salah. Prestasinya bagus sering ngegol, rajin baca quran, juga solatnya rajin. Bagus buat nama anak.

Oh! Aku langsung ngeh. “Kalo orang barat atau pakistan india biasanya nyebut solat dengan salah. Jadi mungkin aja maksudnya Muhammad Solat tuh kalo di bahasa indonesia.”

Dengan wajah berbinar suami mendekatiku. “Anak kita namanya ini aja ya?”

Big NO! Aku menolak dengan tegas. “Meski artinya bagus, tapi harus disesuaikan dengan kultur kita. Kata salah dalam bahasa indonesia punya arti yang gak bagus. Coba bayangkan misal di sekolah, gurunya bilang ‘anak-anak, ini jawabannya benar atau salah?’ Lalu mereka menjawab SALAAAAH! Sambil nunjuk ke anak kita. Bayangkan. Itu akan jadi bahan bully. Aku gak mau anak kita dibully. Kasihan. Kalo gak kuat mental bisa stress dan depresi. Nama yang gak lazim atau extra ordinary itu boleh, asal filosofis dan masih estetis sama bahasa kita sendiri. Tapi please, jangan pake nama SALAH”

Setelah itu suami pun akhirnya mengalah. Yahhh walau sebetulnya masih ada gurat kurang puas di wajahnya. Profil Mohammed Salah sendiri sudah ku baca banyak artikel tentangnya. Banyak media mengelu-elukan, sekaligus digadang sebagai the next Messi dan Ronaldo. Nama yang bagus, akhlakul karimah, sosok yang gemilang memang.

Tapi maaf, kurang cocok untuk nama Indonesia. Setidaknya untuk nama anakku, yang lain saja ya. IMHO 😄

Advertisements

From → Mama Speaks

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: